Kamis, 07 Juli 2011

Jadi Bank Pembayaran, BNI Siapkan Rp150 Miliar

Headline
INILAH.COM, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) akan menyediakan fasilitas intraday sekitar Rp100 miliar hingga Rp150 miliar kepada PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Hal itu disampaikan Direktur Business Banking BNI, Khrisna Suparto, Kamis (7/7). "Untuk fasilitas intraday sebesar Rp100 miliar hingga Rp150 miliar," ujar Khrisna.

Dengan bergabungnya BNI sebagai bank pembayaran, Khrisna menuturkan, pihaknya sebagai bank yang baru bergabung menjadi bank pembayaran KSEI akan terlebih dahulu bekerjasama dengan PT BNI Securities.

Perseroan bekerjasama dengan 20 perusahaan sekuritas untuk bank pembayaran ke depan. "Kita mulai dengan BNI Securities, nanti ke depannya dengan dua puluh perusahaan sekuritas," tutur Khrisna.

Seperti diketahui, kerja sama antara KSEI dan bank pembayaran ini dilakukan untuk mendukung KSEI sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian di pasar modal Indonesia yang merupakan lembaga non-bank sehingga tidak dapat menjalankan fungsi pemindahbukuan dana terutama pembayaran kepada para pemakai jasanya.

Hal ini sesuai dengan peraturan Bapepam-LK No.III.C.6 tentang prosedur operasi dan pengendalian interen lembaga penyimpanan dan penyelesaian yaitu adanya persyaratan penempatan posisi dana yang tercatat di KSEI pada rekening khusus di bank.

Selain itu, bank pembayaran juga akan menyediakan fasilitas intraday bagi KSEI khusus dalam rangka memperlancar proses penarikan dana yang dilakukan pemegang rekening di KSEI (perusahaan efek dan bank kustodian). [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar