Jumat, 04 November 2011

Bursa Jepang naik untuk pertama kali dalam empat hari

Bursa Jepang naik untuk pertama kali dalam empat hari
TOKYO. Untuk kali pertama dalam empat hari, bursa Jepang mencatatkan kenaikan. Pada penutupan pukul 15.00 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1.9% menjadi 8.801,40. Ini merupakan kenaikan tertinggi sejak 27 Oktober lalu. Sementara, indeks Topix naik 1,8% menjadi 752,02.

Jika dihitung, dalam pekan ini, indeks Nikkei sudah melorot 2,8%. Sementara indeks Topix mencatatkan penurunan sebesar 2,5% pada periode yang sama.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Jepang antara lain: Honda Motor Co yang naik 4,1%, Komatsu Ltd naik 6,9%, dan Mitsui Co yang naik 2,7%.

Aksi beli yang melanda bursa Jepang terjadi setelah Bank Sentral Eropa secara tidak terduga menurunkan tingkat suku bunga acuannya. Selain itu, Yunani juga sudah melepas opsi untuk menggelar referendum terkait bailout Eropa.

"Mundurnya Yunani dari rencana referendum mendongkrak tingkat kepercayaan di pasar. Sementara, Jerman dan Prancis terus menyokong pergerakan euro, yang sangat baik bagi pergerakan pasar," jelas Kiyoshi Ishigane, senior strategist Mitsubishi UFJ Asset Management Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar