Jumat, 04 November 2011

Risiko di pasar sedikit, bursa Asia menanjak

Risiko di pasar sedikit, bursa Asia menanjak
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia mencatatkan kenaikan untuk kali pertama dalam lima hari. Pada pukul 15.11 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 2,6% menjadi 120,49. Dengan demikian, sepanjang pekan ini, indeks acuan di kawasan regional ini tengah menuju penurunan sebesar 3,4%.

Sejumlah indeks acuan utama Asia menanjak. Ambil contoh, indeks Nikkei 225 Stock Average yang naik 1,9% setelah ditutup karena libur nasional kemarin. Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan naik 3,1% dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 2,6% dan indeks Hang Seng Hongkong naik 3,5%. Sementara, indeks Shanghai Composite China naik 0,6%.

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi bursa Asia hari ini. Pertama, tingkat pemesanan pabrik AS mencatatkan kenaikan. Kedua, Bank Sentral Eropa secara tidak terduga memangkas suku bunga acuannya. Ketiga, Yunani tidak jadi menggelar referendum.

"Hanya ada sedikit risiko yang terjadi hari ini karena pelaku pasar tak lagi mengkhawatirkan Yunani. Dapat diketahui sudah ada kemajuan terkait masalah Eropa dan pasar mulai bergerak naik. Kmai juga melihat, keputusan Bank Sentral Eropa sangat membantu," papar Michael Vogelzang, chief investment officer Boston Advisors LLC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar