Jumat, 04 November 2011

Untuk kali pertama dalam lima hari, bursa Asia melaju

Untuk kali pertama dalam lima hari, bursa Asia melaju
TOKYO. Sebagian besar saham yang ditransaksikan di bursa Asia melesat pagi ini. Ini merupakan kenaikan pertama dalam lima hari terakhir. Pada pukul 09.32 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,4% menjadi 119. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1,2%, indeks Kospi Korea Selatan naik 2,4%, dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 2,3%.

Sejumlah saham berkapitalisasi besar mencatatkan kenaikan. Sebut saja Macquarie Group Ltd naik 2,6% dan BHP Billiton Ltd naik 3,6%. Sementara, Sony Corp anjlok 7,7% setelah memprediksi kerugian lebih besar tahun ini.

Sentimen positif yang mendongkrak bursa Asia adalah posisi Yunani yang saat ini kian dekat dengan dana bantuan Eropa. Selain itu, secara tidak terduga, Bank Sentral Eropa menurunkan suku bunga acuannya.

"Hari ini, risiko yang ada di pasar cukup sedikit. Kecemasan investor akan Yunani mulai berkurang karena ada kemajuan dalam penanganan krisis di negara itu. Apalagi ECB juga sangat membantu," jelas Michael Vogelzang, chief investment officer Boston Advisors LLC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar