Jumat, 04 November 2011

G20 Desak Eropa Segera Atasi Krisis

Gb
Cannes - Para pemimpin negara-negara G20 mendesak Eropa untuk segera mengatasi krisis. Masalah krisis Eropa yang telah 'membajak' perekonomian dunia akan menjadi fokus dari pemimpin negara-negara G20.

Presiden AS Barack Obama dalam pidao pembukaan pertemuan G20 yang berlangsung di Cannes, Prancis mengatakan, prioritas utama mereka adalah krisis Eropa yang telah mengguncang pasar dan mengancam perekonomian dunia ke resesi.

"Aspek paling penting dari tugas kita adalah mengatasi krisi finansial di sini, di Eropa," ujar Obama usai melakukan pertemuan seperti dikutip dari AFP, Jumat (4/11/2011).

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengingatkan krisis berisiko memicu 'reaksi berantai' kepada perekonomian global, dengan Italia kini memasuki zona berbahaya menyusul ancaman Yunani akan dikeluarkan dari kawasan Eropa.

Para pemimpin Eropa dan Obama akan menggelar pertemuan kecil pada Kamis petang untuk mendiskusikan krisis Eropa.

"Kami memiliki masalah lain yang harus dihadapi dan akan membahasnya setelah makan malam. Ini penting bahwa Zona Eropa mengirimkan pesan kepada seluruh dunia untuk menekankan kredibilitas," ujar Presiden Prancis Nicholas Sarkozy yang menjadi tuan rumah pertemuan.

Sebelum pertemuan G20 dilakukan, Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel melakukan pertemuan untuk membahas rencana Perdana Menteri Yunani menggelar referendum yang dikhawatirkan bisa menggagalkan pemberian bailout ke negara yang sedang dilanda krisis tersebut. Jika itu terjadi, maka Yunani terancam dikeluarkan dari Zona Eropa dan dampaknya bisa menyebar ke krisis perbankan.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar