Kamis, 03 November 2011

Hasil rapat the Fed menjadi vitamin bagi pergerakan Wall Street

Hasil rapat the Fed menjadi vitamin bagi pergerakan Wall Street
NEW YORK. Mayoritas saham yang ditransaksikan pada bursa AS melesat, rebound dari penurunan selama dua hari. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 1,6% menjadi 1.237,90. Selama dua hari sebelumnya, indeks S&P 500 anjlok 5,2%. Sedangka indeks Dow Jones Industrial Average naik 1,5% menjadi 11.836,04.

Sektor komoditas dan sektor finansial merupakan dua sektor yang mencatatkan kenaikan terbesar dalam indeks S&P 500 di antara sepuluh industri lainnya dengan kenaikan setidaknya 2,2%. Sementara, saham-saham berkapitalisasi besar yang mencatatkan kenaikan antara lain: Bank of America Corp, Chevron Corp, dan Alcoa Inc yang naik lebih dari 2,4%. Selain itu, ada pula saham MasterCard Inc yang naik 7%.

Kenaikan bursa AS dipicu oleh pernyataan the Fed pasca pertemuan Federal Open Market Committee. The Fed bilang, perekonomian mulai menguat dan pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk melakukan aksi jika dibutuhkan untuk mengawal pertumbuhan ekonomi AS.

"Pelaku pasar saat ini fokus pada dua hal yang diutarakan the Fed, yakni kestabilan ekonomi dan kesiapan the Fed dalam mengambil aksi. Faktanya adalah tindakan the Fed yang tidak melakukan apa pun saat ini membuat kita yakin bahwa perekonomian berjalan baik-baik saja," urai Mark Bronzo dari Security Global Investors di Irvington, New York.

Seperti yang diberitakan KONTAN sebelumnya, the Fed bilang, perekonomian AS mencatatkan pertumbuhan di kuartal tiga tahun ini. "Pertumbuhan ekonomi AS mulai menguat di kuartal III. Hal ini merefleksikan adanya faktor negatif sementara yang memberatkan langkah ekonomi AS pada awal tahun ini," demikian pernyataan the Federal Open Market Committee. Pada saat yang bersamaan, the Fed juga mengungkapkan adanya risiko penurunan yang cukup signifikan terhadap outlook perekonomian, termasuk tekanan dari pasar finansial global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar