Kamis, 03 November 2011

Fed Pangkas Proyeksi Pertumbuhan AS

Fed Pangkas Proyeksi Pertumbuhan AS
INILAH.COM, Washington - Federal Reserve memangkas proyeksi untuk pertumbuhan, menaikkan perkiraan untuk pengangguran dan mengatakan sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk membeli utang hipotek lebih untuk memacu perjuangan pemulihan.

Sementara anggota kebijakan bank sentral sedang mengatur panel vote 9-1 untuk menjaga kestabilan ekonomi. Seorang pejabat mendesak tindakan yang lebih stimulatif sekarang dan Ketua Fed Ben Bernanke mengatakan krisis utang Eropa menyebabkan risiko ekonomi yang besar.

Pada konferensi pers setelah pertemuan dua hari, Bernanke mengatakan membeli lebih banyak mortgage-backed securities, pilihan untuk membantu perekonomian. Dia menambahkan bahwa bank sentral AS masih mencari cara untuk memberikan panduan yang lebih jelas pada kebijakan yang dijalankan. "Sementara kita masih mengharapkan bahwa aktivitas ekonomi dan kondisi pasar tenaga kerja akan meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu, kecepatan kemajuan sepertinya akan lambat," katanya seperti dikutip Reuters.

"Selain itu, ada risiko penurunan signifikan terhadap prospek ekonomi," kata Bernanke. "Paling menonjol, kekhawatiran tentang masalah fiskal dan perbankan Eropa telah memberi kontribusi pada strain di pasar keuangan global, yang cenderung memiliki efek buruk pada kepercayaan dan pertumbuhan."

Dia mengatakan bank sentral akan mengikuti dari dekat perkembangan di Eropa. Para pemimpin politik Kelompok G20 bertemu di Cannes, Perancis, pada hari Kamis dan Jumat, dengan krisis utang zona euro diperkirakan akan mendominasi pembicaraan. Satu analis berspekulasi bahwa kekhawatiran tentang ketidakstabilan potensial di Eropa - terutama setelah keputusan mengejutkan oleh Yunani untuk mengadakan referendum pada paket bailout yang telah disetujui - mungkin berperan dalam keputusan Fed. "The Fed mungkin ingin menghemat amunisi sampai ada kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana krisis utang Eropa terungkap," kata Bernard Baumohl, Ketua Ekonom Global untuk The Economic Outlook Group di Princeton, New Jersey.

Keputusan Fed ini memang telah berdampak kecil terhadap pasar keuangan. Saham AS ditutup positif Rabu (2/11), harga Treasury 10 tahun sedikit berubah dan harga MBS terlacak lebih besar di pasar utang.

Dalam proyeksi kuartalan terbaru, The Fed menurunkan prakiraan pertumbuhan dan meningkatkan perkiraan pengangguran untuk tahun ini, 2012 dan 2013.

Pemulihan AS tetap anemia dan bisa saja terlempar jika Eropa gagal untuk menyelesaikan krisis. Ekonomi tumbuh 2,5 persen pada kuartal ketiga, peningkatan yang signifikan selama kuartal kedua tetapi masih terlalu lunak untuk mengurangi pengangguran. Dihadapkan dengan pemulihan yang masih lemah, The Fed pada bulan September memulai program untuk menjual $ 400 miliar obligasi jangka pendek dan menginvestasikan uang di obligasi jangka panjang. "Saya berpikir bahwa pembelian sekuritas berbasis mortgage adalah pilihan yang layak, tentu saja. Sesuatu yang kita akan pertimbangkan jika kondisinya tepat," kata Bernanke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar