Kamis, 03 November 2011

Pimpinan Eropa tahan bantuan Yunani, bursa Asia memerah

Pimpinan Eropa tahan bantuan Yunani, bursa Asia memerah
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia pagi ini mencatatkan penurunan. Pada pukul 08.55 waktu Hongkong, indeks MSCI Asia Pacific, di luar indeks Jepang, turun 0,9% menjadi 414,49. Pada bulan lal, bursa Asia mencatat kenaikan sebesar 13%, terbesar sejak Mei 2009.

Sementara itu, indeks Kospi Korea Selatan turun 0,9% dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,5%. Sedangkan bursa Jepang ditutup karena libur nasional.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Commonwealth Bank of Australia yang turun 1,2% di Sydney, Australia & New Zealand Banking Group Ltd turun 1,3% di Sydney, dan LG Electronics Inc anjlok 7,3%.

Aksi jual yang melanda bursa Asia pagi ini terjadi setelah pimpinan Eropa akan menahan penggelontoran bantuan terhadap Yunani setelah negara tersebut akan menggelar referendum dana talangan Eropa. Selain itu, hasil rapat pimpinan the Fed memutuskan untuk memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi AS.

"Segala sesuatu berjalan negatif di Yunani. Kita akan melihat banyak sekali volatilitas dalam beberapa bulan ke depan seiring Eropa berupaya untuk menyelesaikan masalah politiknya. Ekonomi AS ikut terkena dampak atas apa yang terjadi di Eropa," papar Erik Ristuben, chief investment officer Russell Investment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar