Rabu, 18 Januari 2012

Fitch: Yunani Akan Bangkrut

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Lembaga Rating Fitch mengatakan Yunani akan default terhadap utang, meskipun dikatakan default seperti itu cenderung terjadi secara teratur.

"Itu akan terjadi. Yunani sedang bangkrut, sehingga akan default," kata Edward Parker, Managing Director untuk Sovereign and Supranational Group Fitch untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika kepada Reuters di sela-sela konferensi di ibukota Swedia. "Jadi dalam pengertian ini seharusnya tidak menjadi kejutan kepada siapa pun."

Komentar Fitch ini dilakukan setelah Moritz Kraemer, Kepala Unit Lembaga Rating Zona Euro Standar & Poor's mengatakan pada hari Senin bahwa Yunani akan default segera terkait kewajiban utangnya.

Parker mengatakan bahwa Fitch percaya bahwa perjanjian sukarela oleh investor swasta untuk melakukan haircut utang Yunani akan merupakan sebuah default. "Kita katakan untuk waktu yang lama bahwa kita tidak menganggap PSI ini adalah cara untuk pergi dan kita akan memperlakukan itu sebagai default. Itu jelas adalah default, namun mereka mencoba untuk memecahkan itu,' katanya.

Parker mengatakan hasil terburuk akan menjadi default adalah kekacauan. "Itu bagi kita situasi yang benar-benar merusak, tapi satu yang kita pasti tidak mengharapkan terjadi. Karena jelas, dalam situasi rasional Anda akan berpikir politikus Yunani dan pembuat kebijakan Eropa akan memastikan bahwa hal itu tidak terjadi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar