Jumat, 10 Juni 2011

MEDC terima US$ 35 juta atas penjualan piutang MIRA

MEDC terima US$ 35 juta atas penjualan piutang MIRA
JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menerima pembayaran US$ 35 juta dari Northem Edge Investment Ltd (NEIL) atas penjualan piutang PT Mitra International Resources Tbk (MIRA).

"Perjanjian pembayaran tersebut diterima pada 7 Juni 2011," ujar Direktur Utama MEDC Lukman Mahfoedz dalam keterangan pers yang diterima KONTAN , Kamis (9/6).

Pembayaran piutang ini berdasarkan guaranteed secured bonds yang diterbitkan Sabre Systems International Pte Ltd (SSI) terkait sebagian pembayaran dari penjualan saham PT Apexindo Pratama Duta milik MEDC kepada MIRA pada September 2008.

Sekedar mengingatkan, pada 9 Juni 2008 MEDC meneken perjanjian jual beli saham dengan MIRA untuk menjual 48,72% saham MEDC di Apexindo seharga Rp 2.450 per saham. Nilai keseluruhan transaksi mencapai US$ 340,89 juta dan dibayar dalam beberapa bagian.

Sejumlah US$ 272 juta dibayar tunai pada saat transaksi di bulan September 2008. Kemudian, sebanyak US$ 68,2 juta dibayar melalui guaranteed secured bonds terbitan anak usaha MIRA, SSI. Surat utang tersebut jatuh tempo pada September 2009.

Menyusul gagal bayar oleh SSI dan gagalnya proses restrukturisasi, MEDC akhirnya menandatangani perjanjian jual beli guaranteed secured bonds dengan NEIL untuk pembayaran kas sebesar US$ 35 juta.

Merujuk laporan keuangan 2010, MEDC telah melakukan pencadangan atas piutang MIRA. Alhasil, dengan pembayaran dari NEIL, MEDC bakal membukukan pendapatan sekitar US$ 1 juta.

"Walaupun nilai piutang tidak seluruhnya tertagih, namun jumlah kas yang diterima perseroan atas penjualan Apexindo tetap mencerminkan nilai yang paling optimal karena masih merefleksikan harga lebih tinggi dibandingkan harga yang ditawarkan oleh penawar kedua tertinggi pada saat itu," papar Lukman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar