Jumat, 10 Juni 2011

MIRA Jual Apexindo, Kas Medco Bertambah US$ 35 juta

Jakarta - PT Medco Energi Tbk (MEDC) mendapat dana US$ 35 juta sehubungan pembayaran piutang hasil penerbitan Guaranteed Secured Bonds dari Sabre Sustems International Pte. Ltd. (SSI) sebagai bagian dari penjualan saham PT Apexindo Pratama Duta (APEX) milik Mitra International Resources.

Demikian disampaikan Lukman Mahfoedz, Direktur Utama Medco Energy dalam keterbukaan informasi BEI, di Jakarta, Kamis (9/6/2011).

Dana US$ 35 juta didapat perseroan pada 7 juni 2011 dari Northem Edge Investment Ltd (NEIL). Penjualan saham APEX milik MIRA sendiri terjadi pada 9 juni 2008. MIRA menjual 48,72% saham mereka di harga Rp 2.450 per saham. Sehingga nilai transaksi seluruhya mencapai US$ 340,89 juta.

Proses pembayaran menjadi beberapa tahapan, yang salah satunya dari Guaranteed Secured Bonds dari SSI sebesar US$ 68,2 juta. SSI adalah anak usaha MIRA. Surat utang ini jatuh tempai di September 2009 dan dicatat sebagai aset lancar (piutang lain-lain) di neraca konsolidasi 2008.

"Menyusul gagal bayar oleh SSI, dan proses restrukturisasi yang tidak berhasil dan terhenti, perseroan akhirnya menandatangani perjanjian jual beli Guaranteed Secured Bonds dengan NEIL untuk pembayaran kas US$ 35 juta dan transaksi tersebut diselesaikan 7 Juni 2011," kata Lukman.

Pada laporan keuangan tahun buku 2010, perseroan telah melakukan pencadangan atas piutang MIRA. "Sehingga dengan diperolehnya pembayaran atas penjualan piutang dari NEIL tersebut, perseroan akan membukukan pendapatan lain-lain kurang lebih sebesar US$ 1 juta," imbuhnya.

(wep/ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar