Jumat, 10 Juni 2011

Spekulasi ekonomi AS goyah, dollar AS tertekan terhadap euro dan yen

Spekulasi ekonomi AS goyah, dollar AS tertekan terhadap euro dan yen
TOKYO. Mata uang dollar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap euro dan yen, setelah naik paling tinggi, di pekan ini. Dollar melemah terhadap euro seiring adanya spekulasi goyahnya pemulihan ekonomi AS, yang mungkin akan meredam permintaan aset negara paman Sam.

Dollar AS melemah ke 1,4540 per euro pada pukul 9.14 a.m di Tokyo, dari posisi 1,4510 per euro di New York, kemarin. Pada pukul 10.48 WIB, pairing (EUR/USD) di posisi 1,4533 per euro. Sementara, pairing (USD/JPN) menguat di posisi 80,11, dari penutupan kemarin di 80,36.

The Greenback juga anjlok terhadap 11 dari 16 negara mitra dagang utamanya, setelah Wakil Ketua The Federal Reserve Janet Yellen mengatakan housing market atau sektor perumahan akan melalui pemulihan panjang yang cukup berlarut-larut.

"Kami tidak memiliki katalis untuk menarik investor membeli dollar AS," kata Daisaku Ueno, President Gaitame.com Research Institute Ltd di Tokyo. Dia juga mengatakan The Fed mungkin mempertahankan neracanya setelah berakhirnya program Quantitative Easing (QE).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar