Senin, 26 September 2011

Bursa futures AS bergerak positif awal pekan ini

Bursa futures AS bergerak positif awal pekan ini
TOKYO. Bursa futures AS dibuka positif pagi ini. Pekan lalu, penurunan indeks Dow Jones Industrial Average merupakan penurunan mingguan terbesar sejak 2008.

Pada pukul 07.33 waktu Tokyo, indeks futures Standard & Poor's 500 yang habis masa berlakunya Desember naik 1% menjadi 1.140,60. Pada transaksi sebelumnya, indeks futures S&P 500 sempat turun 0,7%. Sementara, indeks futures Dow Jones naik 0,8% menjadi 10.785.

Indeks futures bursa AS yang positif terdongkrak oleh pertemuan International Monetary Fund (IMF) di Washington. Pada pertemuan itu, Menteri Keuangan AS Timothy F Geithner mengingatkan, kegagalan dalam memerangi guncangan ekonomi Yunani dapat mengancam penyebaran gagal bayar (default) ke sistem perbankan dunia. Hal senada juga diungkapkan oleh miliarder dunia George Soros. "Harus dilakukan sesuatu untuk menjaga perbankan Eropa karena Yunani kemungkinan tidak bisa menghindari default," jelasnya.

Indeks AS pekan lalu
Sementara itu, Jack Ablin, analis Harris Private Bank, Chicago, berpendapat pasar saat ini sudah sangat murah akibat sentimen default Yunani. "Jika kita tidak melihat harga saham turun lagi, investor akan sangat senang. Harga saham di pasar saat ini sudah sangat murah," jelasnya.

Catatan saja, pada pekan lalu, bursa AS dilanda aksi jual setelah the Federal Reserve mengatakan resiko pada perekonomian AS meningkat. Selain itu, investor juga mencemaskan para penentu kebijakan dunia akan gagal dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, sepanjang pekan lalu, saham Alcoa Inc dan DuPont Co terjungkal lebih dari 14% yang merupakan penurunan saham terbesar pada indeks Dow. Sedangkan saham-saham produsen bahan baku pada indeks S&P 500 anjlok 12%, penurunan terbesar dari sepuluh sektor industri yang ditransaksikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar