Senin, 26 September 2011

Panic Selling, IHSG Ditutup Anjlok 3,21%

INILAH.COM, Jakarta - IHSG pada perdagangan Senin (26/9) ditutup anjlok 3,21 ke level 3.316,14.

Pelemahan IHSG sore ini masih dipicu merosotnya saham regional akibat kehawatiran investor terhadap penyelesaian utang Yunani dan zona euro lainnya yang menyebabkan investor panic selling. Di Asia Shanghai ditutup turun 1,64%, Hang Seng anjlok 1,48%, KLSE melemah 2,5%, Nikkei merosot 2,17%, STI turun 1,63%, dan Seoul turun 2,64%.

Force sell yang dilakukan oleh perusahaan efek dari rekening-rekening margin juga diperkirakan menjadi salah satu faktor penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Hal itu disampaikan Kepala Riset PT MCN Securities Edwin Sebayang. "Faktor dari domestik karena adanya force sell dari rekening-rekening margin karena sudah ada peringatan untuk tambah dana atau margin call dan fasilitas T plus," ujar Edwin.

Para bankir memperkuat default Yunani, dan harapan terbaik mereka adalah Eropa dapat membangun sebuah firewall di sistem perbankan yang cukup kuat dan cukup cepat untuk mencegah menyebar ke negara-negara zona euro lainnya.

Kesuraman terpancar si wajah para bankir lembaga keuangan besar, saat menghadiri sebuah konferensi di sela-sela sesi Dana Moneter Internasional / Bank Dunia, di mana mereka membandingkan risiko penularan pasar keuangan dengan runtuhnya Lehman Brothers.

Investor bereaksi hati-hati sambil memantau perkembangan pertemuan para pemimpin Eropa yang bekerja dengan cara-cara baru untuk menghentikan dampak dari krisis utang zona euro yang bisa membawa kerusakan lebih kanjut ke perekonomian dunia. Selain itu prospek sekonomi AS juga melemah, dipertegas sinyak perlambatan di China.

Sebanyak 263 saham langsung turun sore ini, sementara 26 saham naik, dan 35 saham stagnan. Indeks saham unggulan LQ45 ditutup anjlok 4,11% ke level 568,32, sedang JII merosot 4,26% ke level 448,28.

Volume perdagangan sore ini tercatat sebanyak 5,37 miliar saham dengan nilai transaksi sebesar Rp5,56 triliun atau terjadi crossing di pasar negosiasi. Asing terpantau melanjutkan aksi jualnya hingga penutupan sore ini dengan mencatatkan net foreign sell sebesar Rp114,93 miliar.

Saham-saham yang turun tajam sore ini adalah MLBI turun 2,33%, AALI turun 9,39%, ASII turun 3,14%, ITMG turun 4,56%, SCPI turun 4,03%, dan PTBA turun 6,34%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar