Senin, 26 September 2011

Masih Terkoreksi, Investor Jangka Pendek Bisa BOW

INILAH.COM, Jakarta- Koreksi bursa siang ini akan berlanjut hingga penutupan. Investor jangka pendek bisa melakukan pembelian di level bawah, sedangkan untuk trader jangka panjang, tunggu sampai ada kenaikan 4%.

Analis Panin Securities Purwoko Sartono memperkirakan, pergerakan indeks saham domestik hingga penutupan sore nanti akan melemah. “Indeks berpeluang mengarah ke level support 3.240 dan 3.310 jadi level resistance-nya. Jika situasi bertambah buruk, bisa melemah lebih dalam ke arah 3.000-an,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Senin (26/9).

Pelemahan indeks hari ini, menurutnya, masih dipicu oleh krisis utang Eropa. Pasalnya, pasar khawatir, pemangku kebijakan di Eropa tidak bisa mengatasi krisis utang. “Karena itu, outlook perekonomian global melambat karena demand dari Eropa bakal turun,” ujar Purwoko.

Di sisi lain, lanjutnya, pasar juga melihat sejauh ini ancaman terjadinya capital outflow dalam jumlah besar dari Asia. “Apalagi, pasar berekspektasi, persoalan utang Yunani semakin parah pada Oktober 2011 hingga terancam default (gagal bayar) sebagaimana dinyatakan European Central Bank (ECB),” paparnya.

Dalam situasi ini, Purwoko menyarankan untuk melakukan pembelian di level bawah (buy on support). Aksi beli juga sebaiknya mencermati saham per saham. Sebab, ada saham-saham yang volume transaksinya cukup tinggi atau likuiditasnya besar tapi pergerakannya sangat volatif.

Tapi, strategi ini hanya berlaku khusus bagi trader (investor jangka pendek) yang menyukai spekulasi saat market mulai reversal naik. “Saham jenis ini sangat menarik bagi trader, karena bisa makes money dalam situasi market volatile,” tutur Purwoko.

Sementara investor jangka panjang disarankan untuk ambil jarak. “Bagi investor jangka panjang, lebih baik menunggu indeks turun hingga di atas 4% dalam sehari ini,” paparnya. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar