Senin, 26 September 2011

Bankir Eropa Antisipasi Default Yunani

Bankir Eropa Antisipasi Default Yunani
INILAH.COM, Jakarta - Para bankir memperkuat default Yunani, dan harapan terbaik mereka adalah Eropa dapat membangun sebuah firewall di sistem perbankan yang cukup kuat dan cukup cepat untuk mencegah menyebar ke negara-negara zona euro lainnya.

Kesuraman terpancar si wajah para bankir lembaga keuangan besar, saat menghadiri sebuah konferensi di sela-sela sesi Dana Moneter Internasional / Bank Dunia, di mana mereka membandingkan risiko penularan pasar keuangan dengan runtuhnya Lehman Brothers. "Paparan keuangan langsung dalam sistem perbankan Eropa dikelola dengan ekstrim. Apa dampak tidak langsungnya? Anda akan memiliki kejutan permintaan besar-besaran," kata Vikram Pandit, Kepala Eksekutif Citigroup mengutip Reuters.

"Faktanya adalah kita semua harus memperkirakan beberapa sorotan dari dampak GDP jika Anda memiliki permintaan mengherankan yang sangat signifikan dan bahwa itu akan memiliki dampak pada bisnis."

Ketakutan terbesar adalah bahwa default Yunani dengan utang pemerintah sebesar 340 miliar euro akan memicu penjualan utang zona euro secara meluas yang menyebabkan krisis keuangan yang lebih luas.

"Itu sangat pesimis," kata bankir senior komersial lainnya di lembaga-lembaga keuangan internasional. "Ini (default Yunani) membuat kita harus mempersiapkan diri untuk. Saya tidak bisa mengatakan skenario yang paling mungkin akan dilakukan, tapi kita harus siap."

Andreas Schmitz, Presiden Asosiasi Perbankan Jerman BdB mengatakan, kebangkrutan Yunani yang terisolasi akan dikelola, meskipun mereka harus mengambil writedown lebih besar dari 21 persen hari ini mereka telah membuat ketentuan. "Tetapi jika gelombang kebangkrutan menyapu Eropa, situasinya terlihat berbeda. Banyak bank akan mendapat masalah dan tidak hanya di Eropa, " katanya kepada Reuters.

Secara pribadi, bankir mengatakan bahwa mereka bisa menghadapi kehilangan 60-80 persen padat obligasi akibat defaultnya Yunani.
Melihat hal ini, mereka mengatakan bahwa mereka akan bersedia untuk merundingkan ulang kesepakatan yang lebih baik. Mereka telah sepakat untuk menyerap sebagai bagian dari kesepakatan swap obligasi Yunani Juli, menurunkan risiko kebangkrutan Yunani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar