Senin, 26 September 2011

Buyback SUN sepi peminat

Buyback SUN sepi peminat
JAKARTA. Transaksi pembelian kembali (buyback) surat utang negara di pasar sekunder sepi peminat. Dalam aksi yang digelar Jumat (23/9) lalu, pemerintah cuma membeli satu seri SUN Rp 11,78 miliar.

Pemerintah menyerap obligasi seri FR0026 yang jatuh tempo 15 Oktober 2014 dengan kupon 11%. Harga rata-rata tertimbang seri ini 113%. Dus, dalam tiga hari terakhir pemerintah menggelontorkan Rp 2,55 triliun untuk buyback SUN. Pada Rabu lalu (21/9), pemerintah melakukan buyback Rp 2,08 triliun lewat lelang. Sehari setelah itu pemerintah melakukan buyback secara langsung senilai Rp 363 miliar.

Aksi buyback SUN oleh Bank Indonesia dalam rangka operasi pasar moneter juga sepi peminat. Pada Jumat lalu, penawaran yang masuk Rp 1,4 triliun. Tapi BI hanya mengeksekusi Rp 300 miliar. Jumlah itu jauh dari target indikatif Rp 4 triliun. Demikian pula pada buyback pada 22 September, dimana BI hanya membeli SUN Rp 3,2 triliun dari target Rp 5 triliun.

“Ini bagian dari langkah BI dalam rangka stabilisasi rupiah serta menambah SUN sebagai instrumen moneter," ujar Direktur Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI, Perry Warjiyo, pekan lalu.

Analis obligasi NC Securities I Made Adi Saputra mengatakan rendahnya nilai buyback yang dimenangkan pemerintah dan BI karena investor ingin menjual SUN di harga tinggi. Sedangkan pemerintah dan BI menawar pada harga rendah. "Ini mengindikasikan, meski butuh likuiditas, investor masih ingin harga jual yang tinggi," ujar dia.

Alasan yang lain, investor tidak berminat melepas SUN karena harganya rendah. Toh, di tengah kondisi pasar finansial yang bergejolak, instrumen investasi lainnya juga tak menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan obligasi negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar