Rabu, 05 Oktober 2011

Jepang Tergelincir di Asia, Australia Menguat

Headline
INILAH.COM, Sydney - Saham Jepang jatuh pada Rabu (5/10) , dengan Fast Retailing Co jatuh setelah mengeluarkan laporan penjualan suram. Namun, saham Australia terangkat oleh saham perbankan dan energi.

Di Jepang, indeks Nikkei Stock Average turun tipis 0,3%, berbalik dari keuntungan di pembukaan, sedangkan indeks Kospi di Korea Selatan kehilangan 0,4%. Sementara di Australia, indeks S & P / ASX 200 naik 1,2%. Pasar di Hong Kong dan China ditutup untuk liburan.

Kerugian sejak awal pekan ini telah berkisar dari 2,3% untuk indeks Australia untuk 4% untuk Korea.

Saham Eropa dan AS berada di bawah tekanan sepekan ini, meskipun ada pembalikan arah semalam di Wall Street.

Saham perbankan di Asia akhir-akhir ini mengalami penjualan atas kekhawatiran bahwa krisis utang Eropa akan meluas ke pasar pendanaan global dan membuat pembiayaan lebih sulit didapatkan. Namun, beberapa bank menguat seiring kabar kemungkinan rekapitalisasi perbankan. Saham National Australia Bank Ltd naik 2,3%, sedangkan Macquarie Group Ltd naik 1,7%.

Saham ekstrakstor energi dan mineral, yang sensitif terhadap tren pertumbuhan ekonomi, juga mengalami aksi beli, dengan tambang raksasa Rio Tinto Ltd naik 2,5% di Sydney, dan JX Holdings Inc naik 1,2% di Tokyo.

Beberapa eksportir juga menguat setelah kerugian dalam sesi terakhir, dengan Honda Motor Co Jepang naik 1,6% dan Hynix Semiconductor Inc Korea naik 2,9%.

Saham Fast Retailing Co turun 4% di Tokyo, setelah pemilik peritel pakaian Uniqlo mengatakan penjualan turun 10,7% pada September dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tapi pengecer Seven & I Holdings Co naik 0,5% setelah melaporkan kenaikan laba kuartal kedua dan peningkatan prospek tahun ini.

Tokyo Electric Power Co, operator PLTU di Fukushima Daiichi, melihat tekanan jual di tengah ketidakpastian atas pembayaran kompensasi kepada para korban kebocoran radiasi awal tahun ini. Saham utilitas diperdagangkan turun 7%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar