Rabu, 05 Oktober 2011

Bank Tetap Jatuh, Saham Eropa Bakal Rebound?

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa Rabu (5/10) diperkirakan dibuka naik setelah semua indeks utama ditutup turun pada Selasa di tengah kekhawatiran bahwa bank menghadapi ancaman yang lebih buruk dari ketakutan dari zona euro.

Mengutip CNBC, indeks FTSE diperkirakan akan naik 67 poin, indeks DAX di Frankfurt diperkirakan dibuka naik 90 poin dan indeks CAC 40 diperkirakan akan lebih tinggi 47 poin. Indeks STOXX Europe 600 Banking Index akan berakhir turun 4 persen atau lebih kecil dari penurunan Selasa di 5,6 persen, sementara FTSE ditutup 2,58 persen menjadi 4.944,44, terpukul ke nilai penutupan terendah sejak Juli 2010.

Komisaris untuk urusan ekonomi Uni Eropa Olly Rehn mengatakan kepada Financial Times bahwa Menteri Keuangan Uni Eropa telah sepakat untuk memperhatikan posisi dari modal bank Eropa dan sedang mempertimbangkan rencana untuk mengkoordinasikan rekapitalisasi pada pertemuan mereka di Luksemburg.

Rehn mengakui bahwa para pembuat kebijakan zona euro telah gagal untuk bisa menenangkan kekhawatiran pasar bahwa bank tidak mungkin menahan krisis saat ini dan rally mendorong berita malam di Wall Street setelah hari-hari yang penuh gejolak.

Namun, pengumuman tersebut didahului oleh credit rating Moody's yang mendowngrade Italia dari AA2 ke A2 yang datang hanya setelah penutupan Wall Street hari itu.

Di Asia semalam, saham kehilangan keuntungan karena investor tetap khawatir tentang kemampuan dari zona euro untuk mengatasi krisis utang, meskipun ada jaminan baru bahwa kepala keuangan zona euro akan bertindak untuk melindungi bank-bank.

Euro beringsut mendekati level terendah dalam sembilan bulan di $ 1,3145 terhadap dolar di perdagangan Asia pada hari Selasa sebelum kembali sedikit ke $ 1,3284 dan terhadap yen, mata uang umumnya melemah 0,8 persen, mencapai terendah dalam 10 tahun rendah dari 101,82 yen sebelum pulih tipis.

Kanselir Jerman Angela Merkel akan bertemu dengan Presiden Komisi Uni Eropa Jose Manuel Barroso pada pukul 12:30 waktu London dan akan melakukan konferensi pers bersama pada pukul 15:15.

Prospek pajak transaksi keuangan Eropa cenderung menjadi agenda bersama dengan kekhawatiran atas bantuan tahap berikutnya ke Yunani dan tindakan yang akan diambil pada sektor perbankan.

Angka PDB Inggris untuk kuartal kedua tahun ini keluar pada hari Rabu pukul 9:30 dengan pernyataan perdagangan dari raksasa ritel Inggris Tesco dan Sainsbury. Perkiraan PDB kuartal kedua untuk Uni Eropa akan diumumkan pada pukul 10:00. Sebuah data dari sektor jasa di Eropa juga akan dirilis, dimulai pada pukul 8:50 dengan Prancis, Jerman pada pukul 8:55, Uni Eropa pada pukul 9:00 dan Inggris pukul 9:30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar