Senin, 03 Oktober 2011

Krisis Euro Picu IHSG Ditutup Anjlok Hampir 6%

INILAH.COM, Jakarta - IHSG pada perdagangan Senin (3/10) ditutup anjlok 5,61% ke level 3.349,74.

Kejatuhan tajam indeks sore ini seiring kekhawatiran investor terhadap hasil audit Yunani oleh IMF, Uni Eropa dan Bank Sentral Eropa ECB (Troika). Yunani merilis tidak mencapai target defisit sesuai kesepakatan dengan Troika.

Tidak hanya Indonesia saham Asia juga rontok. Shanghai turun 0,26%, Hang Seng turun 4,38%, KLSE turun 1,41%, Nikkei turun 1,78%, STI turun 2,05%.

Sebanyak 280 saham turun, sementara hanya 6 saham yang naik, dan 22 saham masih stagnan. Indeks LQ45 ditutup anjlok 6,09% ke level 584,7, sedang JII melorot 6,14% ke level 462,04.

Volume perdagangan mencapai 3,56 miliar saham dengan nilai transaksi sebesar Rp3,57 triliun. Asing terpantau terus keluar dari pasar hingga penutupan perdagangan dengan mencatatkan net foreign sell sebesar Rp531,96 miliar.

saham-saham yang turun tajam sore ini adalah ASII turun 7,54%, ITMG turun 8,78%, AALI turun 10,36%, UNTR turun 8,40%, INTP turun 9,28%, dan PTBA turun 6,54%.

UBS memperkirakan penurunan saham Asia bisa mencapai 40% jika Yunani keluar dari zona euro, dalam apa yang Bank ini gambarkan sebagai "skenario terburuk".

Hal ini mengirim investor melarikan diri dari aset berisiko ke safe haven tradisional seperti emas dan Treasurys AS, mengirimkan dolar AS melonjak dan pasar saham di luar Jepang jatuh ke posisi terendah dengan mencatatkan price t0 book terendah 1x yang tidak pernah terjadi sejak krisis keuangan global tahun 2008, Kelvin Tay, kepala strategi investasi di UBS, mengatakan kepada CNBC Senin (3/10). "Masalahnya adalah, jika spiral situasi Yunani di luar kendali, dan itu masuk ke default tidak hanya daerah tapi dari zona euro itu sendiri, maka kita cenderung melihat pengulangan apa yang terjadi pada tahun 2008, dan akan terjadi aksi jual di seluruh papan, karena investor gugup terhadap situasi global," kata Tay.

Aksi jual terjadi Senin (3/10), dengan mayoritas indeks jatuh lebih dari 2 persen dan Hong Kong turun hampir 5 persen, di tengah kekhawatiran meningkatnya krisis utang Eropa.

Sementara UBS tidak berpikir Yunani keluar dari zona euro atau resesi AS sangat mungkin, bank percaya Yunani benar-benar akan bangkrut dan default di Maret 2012. Dan investor mungkin meremehkan riak yang terjadi di pasar Asia dalam jangka pendek. "Saya pikir banyak orang tidak menyadari bahwa jika seluruh situasi di Eropa meledak, itu akan mempengaruhi pinjaman bank global," kata Tay.

"Dalam kasus Asia, misalnya, dari pinjaman luar negeri sebesar $ 100, $ 50 sebenarnya disediakan oleh bank-bank Eropa, jadi jika bank-bank Eropa benar-benar harus rekapitalisasi, maka Anda memiliki masalah dengan suku bunga jangka pendek yang benar-benar bergerak naik."

Skenario kasus terbaik, menurut Tay, jika Yunani menghindari gagal bayar, pemulihan ekonomi AS yang kuat dan China menghindari pinjaman yang besar, yang dapat memicu penurunan saham (bouncing) 18% di pasar Asia kecuali Jepang. Namun, perkiraan yang realistis oleh UBS adalah untuk Yunani ke default, pertumbuhan yang lemah di AS dan pinjaman yang perlahan untuk China. Hasilnya masih akan memicu pelemahan lebih lanjut untuk saham Asia sekitar 18 persen, bank mencatat.

Dalam iklim saat ini, Tay percaya pasar Asia seperti China, India dan Indonesia masih bisa dijadikan opsi untuk investor, di mana permintaan domestik di negara-negara ini akan mengimbangi penurunan lingkungan eksternal. "Dalam hal ini, negara berkembang Asia lainnya seperti Korea, Taiwan, Singapura dan Hong Kong kemungkinan akan paling terkena dampak negatif mengingat bahwa mereka yang paling terkena siklus perekonomian di Asia di luar Jepang," Tay dicatat dalam sebuah laporan penelitian.

Namun, jika efek spiral pasar untuk menghindari risiko ekstrim, pasar seperti Indonesia dengan kepemilikan besar lembaga asing akan paling rentan terhadap aksi jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar