Kamis, 09 Juni 2011

Sinyal kenaikan suku bunga giring dollar Kiwi mendekati rekor

SYDNEY. Dolar Selandia Baru (dollar Kiwi) naik mendekati rekor, setelah bank sentral mengatakan harga komoditas masih sangat kuat, dan tingkat suku bunga akan naik dalam waktu dua tahun.

Kiwi menguat terhadap semua mata uang utama dunia setelah Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) mempertahankan suku bunga acuan di level rendah 2,5%. Dolar Selandia Baru naik ke 82,39 per dollar AS pada pukul 10.17 di Sydney, dari posisi 81,50 per dollar AS, di New York, kemarin. Mata uang ini mencapai rekor 82,64 per dollar AS, pada 31 Mei.

Sementara, kiwi juga naik untuk hari ketiga terhadap dollar Australia ke posisi 1,2941 per dolar Aussie.

Gubernur bank sentral Alan Bollard menyebut, kenaikan bertahap suku bunga selama dua tahun ke depan akan diperlukan. "Tahap dan waktu kenaikan bunga akan disesuaikan dengan kecepatan pemulihan ekonomi," ujarnya.

Credit Suisse Group AG menyebutkan, pedagang berekspektasi bank sentral akan menaikkan bunga sebesar 65 basis poin selama 12 bulan, naik dari perkiraan kemarin, sebesar 56 basis poin.

Analis pasar dari Westpac Banking Corp. Imre Speizer menyebut, pernyataan bank sentral efektif, dan memungkinkan adanya kenaikan pada Desember mendatang. "Ini bullish untuk dolar kiwi," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar