Senin, 19 September 2011

Awal pekan, indeks futures bursa AS melorot

Awal pekan, indeks futures bursa AS melorot
TOKYO. Kontrak futures bursa AS ditransaksikan turun pagi ini. Hal itu mengindikasikan, indeks Standard & Poor's 500 akan melorot setelah berhasil membukukan kenaikan mingguan ketiga terbesar sejak 2009.

Pada pukul 09.07 waktu Tokyo, indeks S&P 500 futures yang habis masa berlakunya pada Desember, turun 1,2% menjadi 1.196,80. Pada pekan lalu, indeks S&P 500 melesat 5,4%, yang merupakan kenaikan mingguan terbesar sejak periode yang berakhir 1 Juli lalu.

Saat ini, investor masih menunggu apakah Yunani akan menerima bantuan yang akan mencegah negara tersebut default atau gagal bayar atas utangnya.

Memang, kemampuan membayar Yunani atas utangnya terlihat mengambang pekan ini. Dunia tengah memonitor apakah Perdana Menteri Yunani George Papandreou berhasil memenuhi persyaratan dalam menerima paket bantuan pinjaman.

Terkait hal itu, Papandreou membatalkan rencana kunjungannya ke AS yang sedianya dimulai kemarin. Dia mengatakan, saat ini dirinya harus tetap di Yunani pada masa-masa kritis selama tujuh hari.

Sekadar tambahan, indeks S&P 500 melonjak ke level tertinggi sejak 31 Agustus pada akhir pakan setelah Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet menekan pemerintahan di kawasan Eropa untuk mengambil langkah kongkret dalam mengatasi krisis utang. Bank Sentral Eropa sendiri memutuskan untuk memperpanjang masa utang kepada perbankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar