Senin, 19 September 2011

ANTM siapkan penerbitan obligasi berbasis rupiah

ANTM siapkan penerbitan obligasi berbasis rupiah
JAKARTA. Babak baru dalam rencana penerbitan obligasi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) kembali bergulir. Jika sebelumnya perusahaan pelat merah ini sempat mengungkapkan akan menerbitkan obligasi berdenominasi dollar, ternyata yang sedang dirancang adalah obligasi rupiah.

"Yang sedang dikerjakan ANTM adalah bond rupiah dan kita sudah dapat mandat untuk itu," kata sumber Kontan yang mengetahui proses penerbitan obligasi tersebut. ANTM pun telah menunjuk Deutsche Bank, Standard Chartered Bank dan Mandiri Sekuritas sebagai penjamin emisi penerbitan obligasi itu.

Selain itu, ternyata ANTM sudah meminta proses rating obligasi berdenominasi rupiah ke Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). "Yang sedang diproses adalah pemeringkatan untuk obligasi rupiah, kalau dollar tampaknya belum," kata Direktur Utama Pefindo Ronald Tauviek Andi Kasim, kemarin (18/9).

Sebelumnya, KONTAN mencatat, ANTM berniat menerbitkan obligasi tahap pertama senilai US$ 150 juta. Perusahaan metal dan mineral ini memang berencana menerbitkan obligasi secara bertahap, terlebih ANTM membutuhkan dana segar sebesar US$ 350 juta untuk pembangunan proyek Feronikel Halmahera Timur (FeNi Haltim).

Direktur Keuangan ANTM Djaya Tambunan pernah menyebut, perusahaan akan menerbitkan obligasi berdenominasi dollar, dengan alasan pendapatan perusahaan dalam dollar. "Sehingga kalau kita terbitkan dalam rupiah kita harus swap," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar