Senin, 19 September 2011

Bursa Asia Awali Pekan dengan Penguatan

Bursa Asia Awali Pekan dengan Koreksi
INILAH.COM, Sydney - Bursa saham Australia dan Korea Selatan jatuh Senin (19/9), karena kembalinya kekhawatiran kegagalan utang Yunani, setelah laporan bahwa Eropa kehilangan kesabaran dengan upaya Yunani memangkas utang.

Indeks S & P / ASX 200 Australia jatuh 1,3% pada awal perdagangan, sementara indeks Kospi Korea Selatan kehilangan 0,3%. Pasar ekuitas Jepang tutup hari ini karena libur.

Sektor keuangan adalah pembeban terbesar bursa awal pekan ini, dengan National Australia Bank Ltd turun 2,2%, Westpac Banking Group Ltd turun 2,1%, dan Macquarie Group Ltd melemah 2%.

Pada perdagangan di Korea Selatan, Industrial Bank of Korea turun 2,7% sementara Hana Financial Group Inc turun 2,8%.

Koreksi terjadi setelah pembicaraan antara menteri keuangan Eropa yang mencoba mencegah meningkatnya krisis utang di kawasan, berakhir dengan sedikit kemajuan.

Selain itu, laporan Eropa yang telah memperingatkan Yunani, bahwa bantuan keuangan lebih lanjut akan ditahan, kecuali Athena dapat memenuhi target tabungan, sedikit membantu. Tanpa lebih banyak dana, Yunani diperkirakan akan kehabisan uang bulan depan.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou memutuskan tetap di negaranya, daripada pergi ke AS seperti yang direncanakan dalam rangka pertemuan darurat pemerintah Yunani.

Perusahaan sektor komoditas juga melemah hari ini, dengan BHP Billiton Ltd turun 1,4% dan Fortescue Metals Group Ltd turun 2%.

Namun, Newcrest Mining Ltd berhasil naik 1,5%, dibantu pembelian emas, karena investor mencari rasa aman yang diperoleh dari logam mulia. Patokan emas berjangka Desember naik US$ 6,40 pada US$ 1,821.30 per ounce di perdagangan elektronik. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar