Senin, 19 September 2011

Bursa China terhempas ke level terendah 14 bulan

Bursa China terhempas ke level terendah 14 bulan
SHANGHAI. Bursa China terhempas pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini. Pada pukul 11.30 waktu setempat, Shanghai Composite Index turun 1,4% menjadi 2.447,38. Ini merupakan level terendah dalam 14 bulan terakhir atau sejak 14 bulan lalu.

Sejumlah saham berkapitalisasi besar tergerus siang ini. Ambil contoh, saham Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan Poly Real Estate Group Co yang melorot paling dalam di sektor perbankan dan properti. Selain itu, Sinoma International Engineering Co turun 2,7%.

Aksi jual yang melanda bursa China hari ini terjadi setelah Perdana Menteri China Wen Jiabao mengungkapkan, pemerintah akan mengambil langkah untuk mengontrol laju inflasi. Selain itu, investor berspekulasi, penundaan rencana initial public offering (IPO) sejumlah perusahaan akan memangkas permintaan saham-saham yang ada saat ini.

"Rencana IPO perusahaan besar menjadi penyebab utama penurunan pasar saham China, karena menggerus likuiditas di pasar. Saat ini bukan merupakan waktu yang tepat untuk menghimpun dana. Namun, pengetatan kebijakan pemerintah menyebabkan perusahaan tak memiliki pilihan lain," jelas Tu Jun, strategist Shanghai Securities Co.

Sekadar tambahan, Shanghai Composite Index sudah terjungkal hingga 13% di sepanjang tahun ini. Penurunan tersebut melanjutkan koreksi dalam di sepanjang 2010 sebesar 14%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar