Selasa, 04 Oktober 2011

Aksi jual menyebabkan Wall Street anjlok ke level terendah dalam setahun

Aksi jual menyebabkan Wall Street anjlok ke level terendah dalam setahun
NEW YORK. Mayoritas bursa AS anjlok pada penutupan perdagangan kemarin. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 merosot 2,9% menjadi 1.099,23. Ini merupakan level paling rendah sejak 8 September 2010. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average melorot 2,4% menjadi 10.655,30, level terendah dalam setahun terakhir.

Saham-saham finansial mencatatkan penurunan terbesar dalam indeks S&P 500. Di antaranya, Bank of America turun 9,6% ke level terendah sejak Maret 2009. Selain itu, sejumlah saham lain yang pergerakannya turut mempengaruhi bursa AS adalah Alcoa Inc yang turun 7% serta induk American Airlines AMR Corp turun 33%.

Kecemasan investor mengenai krisis utang Yunani masih menjadi pemicu utamanya. "Fokus utama masih mengarah pada Eropa, hingga mereka bisa mengatasi masalah utang tersebut," jelas Tom Wirth, senior investment officer Chemung Canal Trust Co.

Dia menambahkan, pesimisme pelaku pasar mengenai pasar saham dunia kian meningkat akibat resesi. "Namun di AS, kita memiliki data ISM positif, yang menunjukkan ekonomi AS melambat, namun tidak akan jatuh ke jurang resesi," jelasnya.

Catatan saja, pasar saham global memerah seiring akan digelarnya pertemuan pimpinan Eropa di Luxemburg hari ini. Pertemuan itu akan membahas mengenai jalan keluar bagi perbankan dari krisis utang serta meningkatkan dana bailout Eropa setelah Yunani gagal mencapai target defisit anggaran untuk 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar