Selasa, 04 Oktober 2011

Krisis Yunani Masih Akan Tekan Saham Eropa

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Saham Eropa diperkirakan dibuka melemah pada Selasa (4/10) setelah jatuh mendekati level terendah mereka dalam seminggu pada Senin dengan saham perbankan jatuh tajam terkait pengakuan Yunani yang kehilangan target untuk defisit tahun ini.

Mengutip CNBC, FTSE diperkirakan turun 100 poin, sementara DAX Jerman turun 114 poin, CAC Prancis diperkirakan akan turun sebesar 61 poin. Indeks Stoxx 600 Eropa indeks perbankan turun 2,7 persen sementara DAX Jerman kehilangan 2,28 persen, CAC40 turun 1,85 persen dan FTSE 100 turun 1,03 persen Senin.

Di Asia, kerugian saham sepertinya masih berlanjut pada Selasa karena investor keluar dari aset berisiko di tengah kekhawatiran baru atas default Yunani dan kemungkinan bailout kedua Uni Eropa / IMF.

Indeks KOSPI Korea Selatan yang paling terpukul, jatuh 5 persen dan memicu suspensi penjualan di indeks oleh operator Korea Exchange.

Yen mencapai puncaknya dalam 10 tahun terhadap euro di perdagangan Asia semalam, dengan mata uang umum turun di bawah $ 1,3200 terhadap dolar AS untuk pertama kalinya sejak 13 Januari. Euro terakhir berada di $ 1,3192, naik dari $ 1,3191 atau merupakan sesi terendah.

Direktur IMF Bidang Fiskal, Carlo Cottarelli memperingatkan pada Senin bahwa Italia perlu memperketat anggaran jika tekanan pasar berlanjut dan kekhawatiran atas utang cenderung tetap tinggi dalam agenda menteri keuangan zona euro akan menyimpulkan pertemuan mereka di Luksemburg hari ini.

Pada hari Senin, menteri keuangan dari zona euro mengendorse Joerg Asmussen karena penempatan Juergen Stark di dewan eksekutif Bank Sentral Eropa, kata sumber itu, tetapi Asmussen masih harus menunggu sampai 17 Oktober untuk melihat apakah pencalonannya disetujui .

Setelah kesimpulan dari pertemuan kepala keuangan zona euro, semua mata akan tertuju ke Brussels, di mana Kepala ECB Jean Claude Trichet akan ambil bagian dalam sesi kuartal terakhir sebelum Anggota Parlemen Eropa ini pensiun. Trichet diperkirakan akan pidato sekitar pukul 02:00 waktu London.

Uni Eropa 10 Agustus merilis Data PPI pada pukul 00:00 waktu London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar