Selasa, 04 Oktober 2011

Aussie keok ke level paling lemah dalam setahun terakhir atas dollar AS

Aussie keok ke level paling lemah dalam setahun terakhir atas dollar AS
SYDNEY. Pergerakan dollar Australia hari ini melemah terhadap dollar AS. Pagi tadi, mata uang yang kerap dipanggil aussie ini melemah ke level 94,56 per US sen. Ini merupakan level paling lemah sejak September 2010. Pada pukul 14.58 waktu Sydney, aussie berada di posisi 94,85 US sen dari 95,27 US sen kemarin.

Aussie juga keok terhadap yen ke level 72,73 yen dari 73,01 yen. Sebelumnya, aussie sempat bertengger di level 72,49 yen, level paling lemah sejak Mei 2010.

Keoknya mata uang dollar Negeri Kanguru ini terjadi setelah bank sentral menyatakan pertumbuhan inflasi yang moderat memungkinkan dilakukannya pemangkasan suku bunga acuan.

"Reserve Bank of Australia (RBA) membuka pintu untuk menurunkan suku bunga acuan. Hal itu akan menekan pergerakan dollar Australia," jelas Richard Grace, chief foreign exchange strategist and head of international economics Commonwealth Bank of Australia di Sydney. Dia memprediksi, dengan kondisi pasar saham yang masih menurun, aussie berpotensi untuk melorot hingga ke bawah level 90 US sen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar