Selasa, 04 Oktober 2011

Mata uang Asia ramai-ramai keok atas dollar AS

Mata uang Asia ramai-ramai keok atas dollar AS
SEOUL. Mata uang Asia ramai-ramai melemah atas dollar AS pagi ini. Won Korea Selatan mencatatkan pelemahan terbesar di antara mata uang Asia lainnya.

Pada pukul 12.11 waktu Seoul, won melemah 2,2% dari level penutupan pekan lalu ke posisi 1.204,29 per dollar. Kemarin, pasar finansial Korsel ditutup karena libur nasional. Sementara itu, rupiah Indonesia melemah 0,7% menjadi 8.960, peso Filipina melemah 0,4% menjadi 44,143, dan ringgit malaysia melemah 0,2% menjadi 3,2133.

Pelemahan mata uang Asia hari ini disebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi global. "Perlambatan ekonomi global meningkatkan risiko penurunan pertumbuhan ekonomi Asia yang bergantung pada ekspor. Kondisi itulah yang menekan pergerakan mata uang di kawasan regional," papar Hideki Hayashi dari Japan Center for Economic Research di Tokyo.

Dia menambahkan, saat ini, ekspektasi kenaikan suku bunga acuan di Asia juga sudah mulai berkurang karena tingkat inflasi yang moderat. "Sentimen bagi pergerakan mata uang Asia masih lemah," jelas Hayashi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar