Selasa, 04 Oktober 2011

Pergerakan bursa Asia masih melempem

Pergerakan bursa Asia masih melempem
TOKYO. Sebagian besar bursa saham Asia dilanda aksi jual. Kondisi itu menyebabkan indeks acuan di kawasan regional kian mendekati level terendah dalam dua tahun terakhir.

Pada pukul 15.08 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 1,5% menjadi 108,55. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 1,1%, indeks Kospi Korea Selatan turun 3,6%, dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,6%.

Sejumlah saham berkapitalisasi besar yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia adalah: Esprit Holdings Ltd yang turun 3% di Hongkong, Samsung Electronics Co turun 1,4% di Seoul, Mitsubishi UFJ anjlok 3,8% di Tokyo, dan Mitsubishi Corp turun 5,7% di Tokyo.

Penurunan yang terjadi pada bursa Asia terjadi seiring belum adanya kesepakatan antar pemimpin Eropa terkait penyelesaian krisis utang Eropa sehingga menyebabkan outlook eksportir dan perbankan Asia menjadi buram.

"Kecemasan masih menggerakkan pasar. Dengan terjungkalnya Eropa ke jurang resesi, pasar kredit kian memburuk. Hal itu akan berdampak pada pertumbuhan di Asia karena permintaan ekspor akan terpangkas. Selain itu, ada kecemasan lain di mana krisis Eropa juga akan menyeret ekonomi AS," papar Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investors Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar