Rabu, 30 November 2011

Bursa Eropa Diprediksi akan Negatif

Bursa Eropa Diprediksi akan Negatif
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa diprediksi akan melemah pada perdagangan Rabu (30/11) setelah pertemuan pejabat Uni Eroa sepakat untuk meningkatkan dana bailout EFSF.

Indeks FTSE diprediksi akan melemah 49 poin, indeks DAX akan turun 35 poin dan CAC akan turun 26 poin. Demikian mengutip yahoofinance.com.

Ketua Eurogroup, Jean Claude Junker mengungkapkan Uni eropa sepakat untuk menjamin 20-30% pertama dari emisi obligasi baru untuk utang negara anggota. Selain itu juga ada co-investment untuk menarik investasi asing dalam pembelian obligasi.

Dua skema ini, katanya, akan dimulai pada Januari 2012. Sementara dana senilai 250 miliar eur atau setara dengan US$332,5 miliar dialokasikan untuk pendanaan baru bagi Yunani. Mereka juga mengharapkan IMF setuju untuk mendukung pendanaan di Fasilitas Stabilisasi Keuangan Eropa (EFSF).

Kabar lain, IMF dan Italia pada bulan depan mungkin akan melakukan pembicaraan soal bailout senilai 400 miliar euro. Untuk sementara dana itu diharapkan akan dipenuhi dari EFSF sebesar 100 miliar euro dan dari Bank Sentral Eropa (ECB) mencapai 300 miliar euro.

Menteri Keuangan Uni Eropa hari ini akan melakukan pertemuan lagi di Brussels untuk membahas integrasi fiskal yang diusulkan Jerman dan Prancis pekan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar