Rabu, 30 November 2011

Emas kembali reli dalam dua hari

Emas kembali reli dalam dua hari
LONDON. Harga emas berjangka naik dalam dua hari berturut-turut di tengah redupnya daya tarik dollar Amerika Serikat (AS). Emas futures untuk pengiriman Februari reli 0,3% ke US$ 1,718.90 per ounce pada pukul 1:57 di Comex, New York. Kemarin, harga emas tersebut naik 1,5% yang merupakan level tertinggi dalam dua minggu.

"Kenaikan harga komoditas picu harga emas. Apalagi dolar telah melemah 0,9% terhadap mata uang utama di dunia," ujar Sterling Smith, analis Country Hedging Inc di St Paul, Minnesota.

Harga emas diperkirakan akan naik lagi lantaran Eropa belum bisa menuntaskan permasalahan krisis. Kondisi ini tergambar pada imbal hasil atau yield yang diberikan Italia di atas ambang batas 7%.

"Di tengah ketidakpastian atas masa depan zona euro, pelaku pasar masih enggan melikuidasi emas dalam volume besar," tulis Andrey Kryuchenkov, analis VTB Capital di London. Oleh sebab itu, jikapun emas turun, namun pergerakannya akan terbatas.

Apalagi, lembaga pemeringkat semakin rajin menggunting ranking negara dan perbankan besar di Eropa dan Amerika. "Perburuan lebih lanjut mendukung kenaikan harga emas," ulas James Moore, analis TheBullionDesk.com di London.

Emas telah naik 21% tahun ini, menuju kenaikan terbesar dalam 11 tahun terakhir. Harga emas mencapai rekor US$ 1.923,70 pada 6 September lantaran investor menyebar risiko portfolio investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar