Rabu, 30 November 2011

S&P 'Downgrade' Peringkat 3 Bank Besar AS

Headline
INILAH.COM, Jakarta - S&P menurunkan peringkat Bank of America, Citigroup Inc, dan Goldman Sachs Group Inc.

Seperti dikutip dari Washington Post, Rabu (30/11), Standard & Poor menurunkan peringkat kredit jangka panjang bank tersebut dari A ke A minus usai merevisi kriteria industri perbankan.

S&P juga melakukan hal yang sama terhadap Bank of America unit Merril Lynch di situsnya. Langkah ini akan dapat meningkatkan tekanan terhadap Bank of america, yang sahamnya telah anjlok 62% tahun ini di perdagangan New York.

Pemberi pinjaman terbesar kedua AS ini mengatakan, penurunan peringkat akan dapat memicu pembayaran jaminan (collateral payments) hingga miliaran dolar AS dan keringnya akses ke pasar kredit.

Penurunan rating akan meningkatkan biaya bagi bank. Bank of America mengatakan, pengajuan peraturan bulan ini telah membuat pihaknya menambah dana jaminan sebesar US$5,1 miliar dan perdagangannya turun akibat penurunan peringkat.

"Turunnya peringkat akan menimbulkan dampak material terhadap likuiditas kami, meminimalisir akses ke pasar kredit, peningkatan biaya bank, menekan bisnis, dan pada perdagangan tertentu khususnya kredit counterparty yang sangat penting," papar Bank of America.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar