Rabu, 30 November 2011

Yen melandai terdorong pertemuan menteri keuangan Eropa

Yen melandai terdorong pertemuan menteri keuangan Eropa
SINGAPURA. Nilai tukar yen mulai turun terhadap sebagian besar mata uang kawasan setelah menteri keuangan zona euro memperbesar kapasitas dana penyelamatan bagi negara-negara yang memiliki utang sangat tinggi.

Yen tergelincir 0,3% menjadi 104,03 per euro pada 10:38 di Tokyo. Mata uang Negeri Sakura tersebut tidak berubah di level 77,93 per dollar AS.

Mata uang Jepang merespon positif pernyataan Perdana Menteri Luksemburg, Jean Claude Junker. Ia menuturkan bahwa kawasan euro akan meningkatkan pendanaan sebagai sumber Dana Moneter Internasional (IMF).

"Para pembuat kebijakan mengambil berbagai langkah untuk menanggulangi krisis," ulas Kengo Suzuki, analis valas Mizuho Securities Co. Optimisme yang terjadi di pasar dipicu oleh rencana pertemuan menteri keuangan di Eropa dan data kepercayaan konsumen AS. "Hal itu memicu pelepasan yen," jelasnya. Ia menebak, yen masih akan melandai jika optimisme yang terjadi di Amerika dan Eropa bukan euforia sesaat.

Selama krisis ini, nilai tukar yen terus perkasa terhadap mata uang utama di dunia. Kondisi ini sangat merugikan perekonomian Jepang yang mengandalkan pemasukan dari ekspor. bank Sentral Jepang menempuh berbagai cara untuk menekan nilai tukar yen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar