Selasa, 20 Desember 2011

Para Menkeu Eropa Bakal Gagal Selamatkan EU?

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Eropa tampaknya tidak mungkin untuk mencapai target meningkatkan sumber daya IMF sebesar 200 miliar euro untuk menangkal krisis utang, setelah Inggris menolak mengambil bagian dalam rencana yang ditujukan khusus untuk membantu zona euro.

Reuters melaporkan dalam konferensi tiga jam, para menteri juga menilai rencana untuk memberlakukan aturan pengetatan fiskal zona euro 'kesepakatan fiskal baru' yang diharapkan para pengambil kebijakan akan melindungi 17 negara zona euro terhadap krisis utang yang sudah terjadi selama dua tahun.

Sumber mengatakan Inggris telah membuat kejelasan tidak akan berpartisipasi dalam rencana untuk meningkatkan sumber daya IMF hingga 200 miliar euro, dengan 150 miliar euro datang dari bank sentral zona euro. "Kamu jelas tidak akan berkontribusi," ujar sumber di Kementerian Keuangan Inggris. Sementara sumber lainnya menambahkan bahwa tidak ada perjanjian terhadap 200 miliar euro.

Sementara Swedia mengatakan akan mengambil bagian, dengan kondisi, keputusan Inggris membuat tidak mungkin mencapai tujuan utama. Menteri telah menetapkan tenggat waktu informal dari Senin sampai tiba di figur 200 miliar, yang disepakati oleh para pemimpin EU di puncak KTT pada 8-9 Desember.

Peningkatan sumber daya IMF dianggap sebagai salah satu pilar dalam strategi multi-cara untuk memperkuat kemampuan zona euro dan membangun pertahanan yang lebih baik untuk masa depan. Pilar lain membuat zona euro adalah dana bailout, EFSF, lebih fleksibel dalam bagaimana menangani bencana utang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar