Selasa, 28 Juni 2011

Penguatan Euro berlanjut seiring berkembangnya optimisme utang Yunani

Penguatan Euro berlanjut seiring berkembangnya optimisme utang Yunani
TOKYO. Posisi nilai tukar mata uang Euro terhadap Dollar AS terus melanjutkan penguatannya dari kemarin, akibat optimisme yang datang dari kreditur utang Yunani yang akan menyetujui roll over utang untuk mencegah default.

Posisi Euro pada pukul 9:44 waktu setempat berada di level US$ 1,4230 per dollar AS. Kemarin, Euro berada di posisi US$ 1,4287 per dollar AS setelah sebelumnya menguat 0,3%.

Mata uang dari 17 negara di Uni Eropa (UE) meningkat terhadap 11 dari 19 mata uang yang paling banyak diperdagangkan. Hal ini terjadi setelah Jerman menyambut baik proposal dari kreditu Prancis untuk secara sukarela berpartisipasi dalam rencana restrukturisasasi utang Yunani.

Para pembuat kebijakan hukum Yunani besok akan melakukan pemungutan suara dalam rangka memutuskan berapa besar pemotongan dana dan penjualan aset yang dibutuhkan sebagai jaminan pembayaran pinjaman dan untuk pembiayaan ke depannya.

"Reaksi ini cukup positif untuk Euro, karena perbankan Prancis dan Jerman adalah sektor swasta terbesar yang memegang utang Yunani," ujar Grant Turley Senior Strategis Mata Uang dari Australia & New Zealand Banking Group Ltd. di Sydney.

Para Menteri Keuangan UE pada 3 Juli mendatang akan kembali mengadakan pertemuan di Brussels untuk mematangkan rencana yang akan mereka lanjutkan pada pertemuan 11 Juli ke depan.

Persetujuan memperpanjang utang dibutuhkan untuk menjalankan paket utang selanjutnya, kondisi untuk mencairkan pembayaran 12 miliar euro dari bailout pertama untuk membayar obligasi yang akan jatuh tempo pada Agustus mendatang yang sebesar 6,6 miliar euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar