Selasa, 05 Juli 2011

Indeks bursa global alami lonjakan tertinggi dalam 4,5 minggu

Indeks bursa global alami lonjakan tertinggi dalam 4,5 minggu
NEW YORK. Bursa dunia menyentuh level tertinggi dalam 4,5 minggu terakhir Senin (4/7) kemarin. Rupanya, tingkat kepercayaan investor kembali pulih atas prospek ekonomi global. Kondisi itu terjadi setelah Yunani berhasil terhindar dari gagal bayar utangnya alias default. Tidak hanya itu, data juga menunjukkan, perlambatan ekonomi China bergerak moderat.

Sekadar informasi, indeks MSCI world equity naik 0,47% dan bertengger ke posisi paling tinggi sejak 1 Juni lalu. Pada minggu kemarin, indeks acuan global tersebut sudah mengalami lonjakan sebesar 5%, dan merupakan kenaikan mingguan terbesar sejak Juli 2010.

Pasar saham di kawasan Eropa naik 0,2%. Sementara, bursa emerging market naik 1%, yang didorong oleh bursa Shanghai China yang kenaikannya nyaris mendekati 2%. Sedangkan bursa AS ditutup karena merayakan hari kemerdekaan.

"Pasar saham Etopa terlihat lebih sumringah dibanding pekan lalu. Masa bearish sudah berlalu," jelas Darren Sinden, senior sales trader Silverwind Securities. Dia menambahkan, hingga akhir pekan ini, kemungkinan akan ada aksi profit taking. "Namun, hal itu sesuai dengan kenaikan signifikan yang terjadi pada indeks Eropa di sesi terakhir," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar