Selasa, 05 Juli 2011

Matahari Bakal Merger dengan Meadow

Medium
INILAH.COM, Jakarta - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) bakal bergabung (merger) dengan PT Meadow Indonesia (MI).

Terkait hal ini, perseroan akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 22 Agustus mendatang. Adapun jumlah dari penurunan kepemilikan saham (dilusi) yang dimiliki oleh setiap pemegang saham Matahari akibat penggabungan ini mencapai maksimal 4,28%. Demikian seperti dikutip dari prospektus yang dipublikasikan Selasa (5/7) ini.

Perseroan menargetkan tanggal efektif merger adalah pada 30 September 2011 dan tanggal pembayaran atas pembelian saham-saham pemegang saham publik yang berkeinginan untuk menjual sahamnya serta tanggal efektif perdagangansaham gabungan kedua perusahaan tersebut pada 3 Oktober 2011.

MI selaku pemilik saham mayoritas Matahari yaitu 98,15% dari total seluruh saham yang dikeluarkan pada LPPF, mengusulkan agar rasio konversi saham yang diterapkan sebesar 1:1 kepada manajemen LPPF. Hal ini berarti setiap saham yang dimiliki oleh pemegang saham MI adalah setara dengan 6.846,948 saham Matahari. Sehingga tidak akan terjadi dilusi bagi pemegang saham minoritas Matahari dan tidak akan terjadi peningkatan modal Matahari selaku perusahaan hasil penggabungan.

Pemegang saham penguasa MI saat ini adalah Meadow Asia Co Ltd (MAC), anak usahanya Asia Color Co Ltd. MAC membeli 98% kepemilikan saham LPPF pada April 2010 lalu. Induk Usaha MAC itu juga membeli tambahan 0,15% saham dari pasar melalui mekanisme tender offer sebulan sesudahnya. Usai transaksi ini, MAC akan kuasai 98,23% saham LPPF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar