Selasa, 05 Juli 2011

Belum Ada yang Minati Surat Utang Vallar Milik BUMI

Jakarta - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menyatakan sampai saat ini belum ada calon pembeli untuk rencana penjualan convertible bonds (CB) yang didapat dari Bumi Plc (sebelumnya Vallar Plc). Anak usaha Grup Bakrie itu akan meminta persetujuan pemegang saham untuk rencana ini.

"Namun beberapa langkah penjajakan sudah mulai dilakukan oleh perseroan," kata Direktur Keuangan BUMI Andrew C Beckham dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/7/2011).

Menurutnya, pertimbangan dan rencana perseroan atas CB yang diperoleh dari transaksi dengan Vallar Plc itu guna membayar kembali utang perseroan sehingga mengurangi utang sampai dengan 1x EBITDA.

Ia menambahkan, perseroan juga mempertimbangkan kemungkinan dijualnya CB tersebut kepada kreditur sebagai pembayaran atas kewajiban perseroan yang ada saat ini.

"Atau dijual kepada investor strategis atau rencana skema lainnya," tambahnya.

Saat ini, BUMI sedang dalam proses penjualan 20.854.263.529 saham PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) ke Vallar. Harga transaksi dipatok Rp 850 per lembar saham.

Total dana yang bisa diraup salah satu perusahaan milik Grup Bakrie itu sebesar US$ 2,07 miliar, namun tidak dalam bentuk tunai, melainkan surat utang yang bisa dikonversi.

"Sales and Purchase Agreement (SPA) sudah ditandatangani, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk tetapi tidak terbatas pada persetujuan RUPS," ungkapnya.

CB ini dapat dikonversi 40 hari setelah penerbitan hingga 14 hari sebelum jatuh tempo. Berbeda dengan CB pada umumnya yang dapat dikonversi setelah jatuh tempo. Tenor CB ini 5 tahun 6 bulan atau jatuh tempo pada triwulan I-2017.
(ang/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar