Rabu, 20 Juli 2011

Trader Bisa Beli BUMI di Level Rp3.025

Headline
INILAH.COM, Jakarta – Jika tembus resistance Rp3.200, saham BUMI bakal mengakhiri fase downtrend-nya. Untuk trader jangka pendek, rekomendasi beli di level Rp3.025. Longterm? investor tunggu penembusan resistance.

Technical analyst dari Jsxpro.com Tommy Yu mengatakan, secara umum saham BUMI berpeluang menguat hari ini. Sebab, baik indikator Moving Average Convergence-Divergence (MACD) maupun stochastic menunjukkan hal itu. Menurutnya, jika hari ini bisa tembus level Rp3.075-3.100, merupakan sinyal beli. Sebab, BUMI sudah breakout dari fase sideways-nya selama tiga pekan terakhir.

Hanya saja, menurut Tommy, penguatan lanjutan saham sejuta umat tidak bisa diharapkan signifikan. Sebab, secara umum masih berada dalam down trend setelah dalam dua pekan terakhir sideways dan tertahan di kisaran level support Rp2.950. “Karena itu, target kenaikan saham ini tidak dipasang tinggi hanya di level Rp3.150-3.200. Ini merupakan level resistance terdekatnya,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Selasa (19/7) saham BUMI ditutup menguat Rp75 (2,52%) ke level Rp3.050 dari posisi sebelumnya Rp2.975. Harga intraday tertingginya mencapai Rp3.050 dan terendah Rp2.950. Volume transaksi mencapai Rp91,7 juta unit saham senilai Rp276,2 miliar dan frekuensi 3.480 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah menguat ke level Rp3.050, bagaimana Anda memperkirakan laju saham BUMI hari ini?

Secara umum saham BUMI berpeluang menguat hari ini. Sebab, baik indikator MACD maupun stochastic menunjukkan penguatan. Itu juga yang menjadi alasan mengapa saham BUMI mengalami pergerakan pada perdagangan kemarin. Hanya saja, untuk mengkonfirmasi penguatan selanjutnya masih harus menunggu satu hari lagi yakni, hari ini jika bisa membentuk candle yang lebih baik. Artinya, high-low-nya lebih tinggi.

Akan bergerak dalam kisaran berapa?

BUMI berpeluang mengarah ke level resistance Rp3.150-3.200 dan Rp2.950 sebagai level support-nya. Jika hari ini bisa tembus level Rp3.075-3.100, merupakan sinyal beli. Sebab, BUMI sudah breakout dari fase sideways-nya selama tiga pekan terakhir. Dalam rentang waktu itu, saham ini ranging di kisaran Rp2.950-3.000. Karena itu, jika tembus Rp3.075-3.100, BUMI akan lepas dari posisi sideways-nya dan melanjutkan penguatan.

Hingga level berapa potensi penguatan saham BUMI berikutnya?

Itu dia. Penguatan lanjutan saham BUMI tidak bisa diharapkan akan signifikan. Sebab, secara umum masih berada dalam down trend setelah dalam dua pekan terakhir sideways dan tertahan di kisaran level support Rp2.950. Karena itu, target kenaikan saham ini tidak dipasang tinggi hanya di level Rp3.150-3.200. Ini merupakan level resistance terdekatnya.

Jika level resistance tersebut berhasil ditembus, saham BUMI baru bakal menguat lebih jauh dan mengakhiris fase downtrend-nya menjadi up trend. Tapi, secara historis pada level-level tersebut orang biasanya melakukan profit taking. Sebaliknya, jika level tersebut gagal ditembus ke atas, saham BUMI akan kembali melemah.

Selain faktor teknikal, ada alasan lain yang bisa mengangkat saham BUMI?

Untuk hari ini saham BUMI berpeluang menguat. Selain faktor teknikal, juga karena faktor timing di mana saham ini mendapat giliran untuk naik. Kemarin indeks melemah seiring koreksi yang terjadi pada saham PT Astra Internasional (ASII) yang sudah menguat tajam dan saham-saham di sektor perbankan.

Pada saat yang sama, saham-saham grup Bakrie sudah mulai bergerak termasuk saham BUMI. Begitu juga dengan beberapa saham lain di sektor properti dan Crude Palm Oil (CPO). Ini menandakan saham BUMI mendapatkan giliran untuk menguat. Jadi giliran mainnya ganti.

Lantas, apa rekomendasi Anda?

Saya rekomendasikan beli saham BUMI untuk trader jangka pendek di level Rp3.025-an dengan target Rp3.200. Sedangkan untuk investor jangka panjang, lebih baik menunggu level Rp3.150-3.200 ditembus. Untuk long term tidak boleh beli saham yang sedang down trend seperti BUMI. Harus dipecahkan terlebih dahulu fase downtrend-nya di level 3.200. Selama level ini belum ditembus saham BUMI masih downtrend. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar