Rabu, 20 Juli 2011

Saham IBM Pimpin Kenaikan Wall Street Selasa Pagi

Headline
INILAH.COM, New York - Saham IBM yang menopang indeks Dow Jones telah membawa Wall Street menguat pada perdagangan Selasa (19/7). Investor juga optimis dengan pendapatan perusahaan dan penjualan rumah yang mengalami kenaikan.

Indeks Dow Jones naik 1,1% ke 12.521, indeks Nasdaq naik 1,6% dan indeks S&P naik 1,04% ke 1.319. Indeks Dow Jones dibukan naik dipimpin saham IBM yang naik 3,7%. Semua saham utama indeks S&P bergerak naik dipimpin saham teknisi dan energi.

Dari saham bank, ada Wells Fargo mencatatkan kuartalan lebih tinggi karena telah menyisihkan dana cadangan untuk mengatasi kredit macet. Saham ini naik 2,4%. Sedangkan saham Goldman Sachs turun 0,8% setelah laba bersih mengalami penurunan di bawah perkiraan.

Saham Harley-Davidson Inc naik 9,6% setelah membukukan laba cukup tinggi dari perkiraan penjualan di awal tahun.

Dari sisi ekonomi, angka penjualan rumah untuk bulah Juni naik melebihi yang diharapkan sebelumnya. Kenaikan itu mencpai 14,6% atau senilai 629.000 unit. Angka ini sebagai level tertinggi sejak Januari 2011. Pada bulan Mei saja angka penjualannya masih 549.000 unit. Namun pasar juga mencermati perdebatan soal pembatasan utang AS antara Presiden Obama dengan anggota parlemen.

Situasi ini telah berlangsung selama dua pekan. Padahal kesepakatan ini dapat menghindari dari potensi gagal bayar utang AS. Bursa saham Eropa bergerak rebound setelah dua pekan tertekan isu krisis utang Yunani dan negara lainnya. Sementara bursa Asia mayoritas melemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar