Jumat, 09 September 2011

AS Sedang Krisis, Obama Keluarkan 'Paket Pekerjaan' US$ 447 Miliar

Washington - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan paket pekerjaan senilai US$ 447 miliar untuk menyelamatkan negara adikuasa yang sedang dilanda 'krisis nasional'.

Paket pekerjaan tersebut termasuk pemotongan pajak untuk pekerja dan pebisnis serta menambah pekerja konstruksi dan guru melalui berbagai proyek infrastruktur.

"(Paket) ini akan memberikan keringanan pajak bagi perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja baru dan memangkas pajak penghasilan dari setengah pekerja Amerika dan setiap pebisnis kecil," ujar Obama dalam pidatonya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (9/9/2011).

Paket penyelamatan ini diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran AS yang kini mencapai 9,1%. Obama menyebut AS kini sedang berada dalam 'krisis nasional' dan menyerukan langkah penting untuk menyelesaikan proposal guna menyelamatkan perekonomian yang lesu dan mencegah terulangnya resesi.

"Diantara kami yang disini malam ini tidak dapat memecahkan seluruh masalah negara. Tapi kami dapat membantu. Kami dapat membuat perubahan. Ada langkah-langkah yang kita dapat ambil saat ini untuk memperbaiki kehidupan masyarakat," tambah Obama.

Obama selanjutnya meminta agar segala permainan politik dihentikan dan secara nyata melakukan sesuatu untuk membantu perekonomian. Meski tidak disebut, namun pernyataan itu mengacu kepada kaum Republik yang selama ini menentang segala prakarsa Obama.

Selanjutnya Obama berharap Kongres AS bisa meloloskan rencananya 'American Jobs Act' tersebut pada akhir tahun ini dan menutup biaya untuk rencana tersebut dengan pemangkasan defisit. Namun diperkirakan kesepakatan itu akan menghadapi hambatan karena para politisi sedang bersiap fokus ke pemilihan presiden dan kongres pada November 2012.

Namun jika Obama bisa menekan rencana ini, maka kemungkinan bisa mendorong perekonomian cukup cepat sehingga memberikan keuntungan politis baginya.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar