Jumat, 09 September 2011

IHSG Menandakan Exhausted

INILAH.COM, Jakarta – Setelah menguat empat hari terakhir, IHSG tampak exhausted (kelelahan). Tapi, ini dalam view jangka pendek. Untuk jangka panjang, indeks tetap dalam tren bullish.

Pengamat pasar modal David Cornelis mengatakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG )kemarin masih mengalami kenaikan saat penutupan (closing). Walaupun, pergerakan intraday-nya bervariasi positif dan negatif.

Kondisi itu, lanjutnya, menandakan IHSG sudah 'exhausted'(kelelahan) dan butuh sedikit koreksi normal. “Strategi dalam situasi ini, view jangka pendekyakni sell on strenghtdan buy on weakness pada saham-saham pilihan,” katanya kepada INILAH.COM.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG )pada Kamis (8/9) ditutup menguat 3,96 poin (0,1%) ke level 4.005,39, dengan intraday tertinggi 4.021,75 dan terendah di 3.978,34. Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 ^JKLQ45terpantau melemah 0,41 poin (0,06%) ke level 709,68.Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah menguat tipis, bagaimana Anda memproyeksikan arah IHSG?

IHSGkemarin masih mengalami kenaikan saat penutupan (closing). Walaupun, pergerakan intraday-nya bervariasi positif dan negatif.Kondisi itu, menandakan IHSG sudah 'exhausted'(kelelahan) dan butuh sedikit koreksi normal. Apalagi, indeks sudah menguat 4 hari berturut-turut setelah libur panjang Lebaran 2011 sepakan lalu.

Karena itu, IHSG seharusnyaterkoreksi, namun terbantu oleh pergerakan bursa regional dan global yang positif. Terlihat IHSG mengalami kenaikan yang terkecildibandingkan semua bursa yang 'hijau' hari kemarin.

Kalau begitu, indeks masih potensial naik akhir pekan ini?

Ya. Meski exhausted begitu, kemungkinan masih ada pergerakan positif lanjutan bagi IHSG, untuk tetap berada di atas, setidaknya tertahandi atas level psikologisnya 4.000.Mengingat bursa-bursa global maupun regional masih ada kans untuk menguat lebih lanjut. Kalaupun melemah, tidak akan ada penurunan besar.Sebab, toleransi koreksi hanyalah sebatas 3.954.

Akan bergerak dalam kisaran support dan resistance berapa?

IHSG akan bergerak dalam trading range support 3.954dan 4.048sebagai level resistance-nya.

Saham-saham pilihan Anda?

PT Bank Jabar Banten (BJBR), PT Bumi Resources (BUMI), PT Bakrieland Development (ELTY), PT Energi Mega Persada (ENRG), PT HM Sampoerna (HMSP), PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), dan PT Bukit Asam (PTBA).

Apa rekomendasi Anda atas saham-saham tersebut?

Saya rekomendasikan buy on weaknessdengan pola trading buy saja. Sebab, potensi kenaikan masih terbuka lebar.

Apa alasan Anda?

Sisi reward pada saham-saham tersebut lebih besar juga ketimbang risiko penurunannya, di samping factor likuiditas yang relatif baik.Jadi, meski market exhausted, tapi saham-saham itu masih belum bergerak mengikuti pergerakan naik market 4 hari inidan masih cenderung undervalued.

Exhausted dalam view jangka pendek?

Ya. Marketmemangterlihat ‘exhausted' dari pergerakan intraday kemarin.Artinya kondisi itu hanya berlaku dalam view yang jangka pendek saja.Dalam jangka menengah-panjang, market tetap bullish. Strategi dalam situasi ini, view jangka pendekyakni sell on strenghtdan buy on weakness pada saham-saham pilihan tadi.Secara keseluruhan, market butuh 'koreksi ringan', technical correction.

Ada perubahan target level IHSG hingga akhir 2011?

Hingga akhir 2011, saya memperkirakan, potensi penguatan IHSG ke level 4.300-3.500.Jadi, untuk saat ini, apalagi setelah 4 hari menguat, di tengah market lain yang kurang bergairah, IHSG ke depannya perlu mengalami koreksi saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar