Jumat, 09 September 2011

Kejar Efisiensi, Semen Gresik Incar Tambang Batubara

Jakarta - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) berniat mengakuisisi satu tambang batubara. Hal ini dilakukan untuk mengejar efisiensi biaya operasional perseroan.

"Perseroan saat ini sedang melakukan studi untuk mengakuisisi salah satu KP batubara di dalam negeri yang telah beroperasi," kata Sunardi Prionomurti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/9/2011).

Menurutnya, hal ini sesuai dengan rencana jangka panjang dan menengah perseroan untuk meningkatkan kapasitas terpasang produksi semen.

Tahun ini kapasitas terpasang perusahaan plat merah itu sebanyak 20 juta ton per tahun dengan konsumsi batubara 3,5 juta ton.

Diperkirakan kebutuhan konsumsi batubara di 2015 akan meningkat di atas 6,5 juta ton per tahun, seiring dengan peningkatan kapasitas terpasang perseroan yang ditargetkan mendekati 30 juta ton semen per tahun.

Sementara itu dalam struktur biaya produksi (COGS) perseroan, biaya batubara tercatat sekitar 27% dan merupakan komponen biaya terbesar. Atas dasar itu, emiten berkode SMGR itu merasa jika punya akses langsung ke tambang batubara maka jaminan kelancaran operasi semakin meningkat dan lebih efisien.

"Perseroan memandang kontinuitas dan pengaman pasokan batubara merupakan salah satu faktor penting untuk kestabilan dan kelancaran operasi perseroan," tambahnya.

Saat ini, rencana akuisisi tersebut masih dalam tahap penjajakan dan pengkajian. Semen Gresik akan mengeksekusi rencana tersebut jika sudah yakin akan mendapat dampak positif terhadap kinerjanya.
(ang/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar