Jumat, 16 September 2011

Sinyal Quantitative Easing AS, Rupiah Siap Rebound

Headline
INILAH.COM, Jakarta – Rupiah dan IHSG kompak melemah. Pasar masih melihat risiko sistemik pada krisis utang Eropa. Pasar mencemaskan downgrade perbankan di negara-negara yang memiliki eksposur ke Yunani.

Periset dan analis senior PT Monex Investindo Futures Albertus Christian mengatakan, rupiah kembali melemah terutama nilai tukar antar bank. Pasalnya, pasar melihat risiko sistemik dari krisis utang Eropa ke sektor perbankan.

"Karena itu, rupiah mencapai level terlemahnya 8.790 setelah mencapai level terkuat 8.730 sekaligus level pembukaan,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Kamis (15/9). Kurs rupiah di pasar spot valas antar bank Jakarta, Kamis (15/9) ditutup melemah 45 poin (0,51%) ke level 8.760/8.780 per dolar AS dari posisi kemarin 8.715/8.725.

Kondisi itu, lanjut Christian, membuat situasi pasar masih fluktuatif. Pasar masih menunggu perkembangan solusi krisis keuangan di Eropa. "Down grade perbankan dan kecemasan negara-negara Uni Eropa yang memiliki eksposur ke Yunani juga sebenarnya masih memicu pelemahan rupiah," paparnya.

Memang di sisi lain, lanjutnya, dolar AS kembali melemah setelah munculnya minat atas aset-aseat berisiko (risk appetite) akibat pembuat kebijakan Uni Eropa mengambil langkah yang masih tentatif untuk mengatasi krisis utang Eropa.

"Perancis dan Jerman mengeluarkan pernyataan bahwa mereka menginginkan Yunani tetap tergabung dalam Uni Eropa dan mendukung penyelesaikan krisis utang negeri Para Dewa itu," ucapnya. Sementara itu, soal eurobonds pasar masih menunggu pengajuan proposal yang di-review. "Hingga saat ini belum jelas pengaruhnya ke pasar uang," ungkap dia.

Alhasil, dolar AS hanya melemah tipis terhadap mayoritas mata uang utama termasuk terhadap euro (mata uang gabungan negara-negara Eropa). Indeks dolar AS turun 0,06% ke level 76,82 dari sebelumnya 76,88. "Terhadap euro, dolar AS ditransaksikan melemah ke level US$1,3766 dari sebelumnya US$1,3741 per euro," imbuh Christian.

Dari bursa saham, Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) ditutup turun 27,71 poin (0,73%) ke level 3.771,33. Karena itu menurutnya, posisi terakhir dari IHSG, sebenarnya masih cukup bagus. Sebab, indeks masih mampu ditutup di atas level psikologis 3.750.

Bahkan, lanjut dia, beruntung IHSG masih bisa ditutup di atas 3.761. Akan tetapi, kalau melihat posisi indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam sudah menguji resisten di 11.200-11.300. “Karena itu, next move dari DJI adalah menguji kisaran suport 10.500-10.800,” paparnya.

Dalam situasi ini, pasar lebih baik menunggu signal bullish. Menunggu tembus resistance. “Indeks regional masih belum bullish ini. Kecuali kalau DJI tiba-tiba nanti malam bisa ditutup di atas 11.500-11.550. Itu baru indeks DJI mengakhiri trend naik jangka menengahnya,” ungkap dia. [mdr]

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus