Jumat, 16 September 2011

Aksi Bank Sentral Eropa Dongkrak Saham Asia Pagi

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Saham Asia dibuka menguat pada hari Jumat (16/9) mengikuti Wall Street, dibantu oleh berita bahwa bank sentral akan mengkoordinasikan terhadap rencana untuk mengurangi pendanaan dolar bagi bank-bank Eropa yang terpengaruh utang, mengurangi ancaman dari munculnya krisis kredit.

Pengumuman ECB ini meyakinkan pasar dan meningkatkan kepercayaan investor menjelang pertemuan menteri keuangan zona euro Jumat, akan bergabung dengan Menteri Keuangan AS Timothy Geithner. Mengutip Reuters, Indeks FTSE 100 100 CNBC Asia, yang mengukur pasar di Asia, naik 0,8 persen. Indeks Acuan Jepang Nikkei 225 dibuka naik 1,34 persen ke 8.785,28 pada hari Jumat, sedangkan Topix naik 1,15 persen menjadi 760,41.

Saham Seoul menguat akibat upaya yang terkoordinasi oleh bank sentral global yang meredakan kekhawatiran tentang krisis utang zona euro. Indeks KOSPI Bursa Efek Korea diperdagangkan naik lebih dari 2 persen pada sesi pagi.

Saham-saham utama reli, dengan Samsung Electronics, pangsa terbesar di KOSPI, naik 3,8 persen. Bank juga membukukan keuntungan kuat, dengan KB Financial Group naik 3,6 persen. Saham di Korea Electric Power Corp, sebuah utilitas negara, berada di fokus setelah kelangkaan listrik yang disebabkan pemadaman meluas di seluruh negeri pada hari Kamis. Indeks S & P / ASX 200 Australia naik 1,3 persen, dibantu oleh keuntungan di bank-bank besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar