Jumat, 16 September 2011

Rencana likuiditas bank sentral Eropa mendongkrak bursa Asia

Rencana likuiditas bank sentral Eropa mendongkrak bursa Asia
TOKYO. Sebagian besar bursa saham di kawasan Asia ditransaksikan melaju pagi ini. Pada pukul 09.52 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,1% menjadi 119,16. Sepuluh sektor yang ditransaksikan pada indeks ini juga menghijau.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1,5%, indeks Kospi Korea Selatan naik 2,3%, dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 1,6%.

Saham-saham berkapitalisasi besar yang pergerakannya mempengaruhi bursa Jepang antara lain: Samsung Electronics Co yang naik 2,9% di Seoul, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc naik 3,3% di Tokyo, dan BHP Billiton Ltd yang naik 1,4% di Sydney. Sedangkan Tokyo Electric Power Co ditransaksikan turun 2% di Tokyo.

Rencana likuiditas Bank Sentral Eropa (ECB) menjadi salah satu faktor utama pendongkrak bursa Asia. ECB mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan bank sentral dunia lainnya untuk menggelontorkan pinjaman dollar kepada perbankan di Eropa. Hal itu mendongkrak tingkat kepercayaan investor bahwa krisis utang Eropa akan dapat diatasi.

"Langkah ini menjadikan resiko kebangkrutan perbankan Eropa bisa ditekan, sehingga pasar mengurangi tingkat penyebaran resikonya (risk aversion)," jelas Juichi Wako, senior strategist Nomura Holdings Inc di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar