Jumat, 16 September 2011

Harga emas melandai ke level terendah dalam dua tahun

Harga emas melandai ke level terendah dalam dua tahun
MELBOURNE. Pergerakan harga emas saat ini kian melandai. Asal tahu saja, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat melorot sebesar 1,5% menjadi US$ 1.762,68 per troy ounce di Comex, New York. Dapat dikatakan, ini merupakan level paling rendah sejak 26 Agustus lalu. Pada pukul 14.37 waktu Melbourne, kontrak yang sama berada di posisi US$ 1.769.

Jika dihitung, sepanjang pekan ini, koreksi harga emas sudah mencapai 4,7%. Angka tersebut merupakan penurunan mingguan terburuk sejak 27 Febuari 2009 lalu. Sementara itu, kontrak harga emas untuk pengantaran Desember turun 0,5% menjadi US$ 1.772.

Harga emas menurun karena disebabkan oleh pernyataan Bank Sentral Eropa (ECB). Kemarin, ECB menjelaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan bank sentral dunia untuk menggelontorkan pinjaman dollar ke sejumlah perbankan eropa. Menurut ECB, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Federal Reserve, Bank of England, Bank of Japan serta Swiss National Bank untuk memperpanjang batas pinjaman berjangkawaktu tiga bulan ke perbankan Eropa. Langkah ini bertujuan untuk memastikan perbankan Eropa memiliki dana tunai hingga akhir tahun mendatang.

Langkah bank sentral Eropa itu mendapat sambutan positif investor. Sebagai dampaknya, terjadi penurunan permintaan emas sebagai safe haven .

"Kita melihat adanya upaya-upaya untuk menghambat penyebaran krisis utang Eropa. Selanjutnya, permintaan safe haven juga tergerus," papar David Lennox, resource analyst Fat Prophets di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar