Jumat, 16 September 2011

Nikkei 225 reli paling tajam dalam lima bulan terakhir

Nikkei 225 reli paling tajam dalam lima bulan terakhir
TOKYO. Hari ini, bursa saham Jepang naik paling tajam dalam lima bulan terakhir. Indeks Nikkei 225 ditutup menguat 2,3% ke posisi 8.864 pada pukul 3 sore di Tokyo. Ini kenaikan terbesar sejak 30 Maret lalu. Sementara, indeks Topix reli 2,2% ke level 768,13.

Reli bursa Jepang ini dipicu kabar bank sentral Eropa dan beberapa bank sentral lain di dunia yang sepakat mengucurkan pinjaman kepada perbankan Eropa yang terbelit utang. Bank sentral Jepang termasuk salah satu yang bergabung untuk menyalurkan pinjaman dalam bentuk dollar tersebut. Kabar itu meningkatkan keyakinan krisis utang Eropa akan teratasi.

Beberapa saham penopang laju bursa, diantaranya saham bank terbesar di Jepang, Mitsubishi UFJ Fiancial Group Inc. yang naik 4,6%. Lalu, Canon Inc. yang reli 4,3%, dan saham Olympus Corp yang melejit 7,4%.

Senior strategist dari Nomura Holdings Inc. menilai, langkah bank sentral itu menghilangkan risiko kebangkrutan yang tiba-tiba pada perbankan Eropa. "Pasar sudah terlalu berhati-hati selama ini, dan itu bisa menyebabkan investor mulai berani mengambil risiko," ujarnya hari ini, di Tokyo.

Sebagai catatan, indeks Topix sudah tergerus 15% di tahun ini karena investor khawatir pertumbuhan AS bakal goyah dan krisis utang Eropa akan merusak sistem perbankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar