Jumat, 27 Mei 2011

Adaro siap buat PLTU Pemalang

Adaro siap buat PLTU Pemalang
JAKARTA. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) tinggal selangkah lagi menggarap proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Pemalang, Jawa Tengah. Memang, pemenang tender pembangunan PLTU berkapasitas 2x1.000 Megawatt itu belum diumumkan.

Namun konsorsium yang dibentuk ADRO bersama dengan Itochu Group dan JPower Group sudah dipastikan sebagai satu-satunya peserta tender yang lolos kualifikasi penawaran pada Rabu lalu.

"Kami bersyukur konsorsium Adaro-JPower-Itochu merupakan satu-satunya qualified bidder untuk proyek tersebut yang telah lolos evaluasi teknis," kata Devindra Ratzarwin, Sekretaris Perusahaan ADRO, Rabu (25/5).

Pemenang tender pembangunan PLTD Pemalang baru akan diumumkan pada 17 Juni mendatang. Setelah PLTU tersebut beroperasi, ADRO juga berperan sebagai pemasok batubara.

Sekadar catatan, konsorsium tempat ADRO bergabung, menawarkan harga jual listrik US$ 5,79 sen per kwh. Angka tersebut lebih rendah daripada harga patokan sendiri (HPS) milik PLN, yaitu US$ 7,1 sen per kwh.

Kesuksesan ADRO menggarap proyek ini makin memantapkan langkah ADRO di bisnis pembangunan pembangkit listrik alias power plant. Selain proyek PLTU Pemalang tadi, ADRO masih menunggu hasil prakualifikasi ulang untuk PLTU berkapasitas 2x100 MW di Kalimantan Selatan yang berlangsung 18 Mei lalu.
Proyek tersebut harus ditender ulang karena pesertanya tidak memadai. Nilai investasi di proyek tersebut mencapai US$ 350 juta.

ADRO juga sedang membangun pembangkit listrik 2x30 MW untuk kebutuhan internal. Nilai investasi proyek ini US$ 160 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar